Jumat, 28 Oktober 2011

buat posting di blog dengan tulisan arab

Posting Blog Dengan Huruf Arab

Pada postingan sebelumnya saya sempat memasukkan hadits menggunakan bahasa Arab, kemudian ada sahabat saya menanyakan bagaimana caranya agar bisa menulis arab di postingan pada blog wordpress self hosting (untuk yang di wordoress.com saya belum tau gimana caranya.
Oke sebenarnya saya mendapatkan cara menulis arab di blog wordpress dari blognya pak alwi, namun tidak ada salahnya saya mencoba menuliskannya kembali.
Oke kita mulai langkah-langkahnya:
1. Anda dipersilahkan untuk memasuki ruangan cpanel hosting blog Anda
2. Cari menu PhpMyAdmin, dan klik menu tersebut.
3. Kemudian silahkan sobat memilih database wordpress dimana sobat menyimpan file-file blog sobat.
4. Pilih wp-post kemudian klik tabel action structure, seperti pada gambar
kemudian klik gambar pensil
5. Pada collation ganti dari latin1_general_ci atau latin1_swedish_ci menjadi utf8_general_ci . dan save
6. Jika sobat mau kolom pengunjung blog sobat memberikan komentar dengan bahasa arab, sobat harus melakukan hal yang sama pada table wp-comment, caranya silahkan pilih table wp-comment seperti di bawah ini
lakukan seperti langkah 4 sampai 5. Save dan selesai.
Langkah selanjutnya adalah Sobat harus menginstall plugin wp-jalali agar bisa menulis di dasbor dalam bahasa arab atau sobat menulis dulu di pogram office word kemudian copas tulisan arabnya ke kolom postingan. Ingat komputer atau laptop sobat harus bisa digunakan untuk menulis arab, jika belum silahkan install dengan driver OS sobat.
catatan: saat saya menggunakan wp-jalali semua font angka saya berubah menjadi huruf arab, dan saya tidak tau harus bagaimana, jika sobat ada yang ahli untuk oprek plugin ini untuk membantu saya :D .
Ini hasilnya:

بسم الله الرحمن الرحيم

عبد الحكيم

karena ada yang tanya apa bisa digunakan untuk menulis dalam bahasa yang lain, ini saya contohkan tulisan korea dan bahasa lain yang saya ambil dari google translate

아랍어는 블로그 게시물에 쓰기

: menulis arab pada postingan blog

阿拉伯文写在博客文章

अरबी में एक ब्लॉग पोस्ट पर लिख

Filed in: tutorial Tags: , , , , , , ,

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews