Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah : SDIT Permata Hati Batang
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas/Semester : II / I
Tema : ôÏøMòjômòA (keluargaku )
Pertemuan Ke- :
Alokasi Waktu : 6 jam pelajaran (6 × 30 menit)
I. Standar Kompetensi
1. Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog tentang : ôÏøMòjômòA (keluargaku)
2. Memahami wacana tertulis tentang : ôÏøMòjômòA (keluargaku )
3. Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek sederhana : ôÏøMòjômòA (keluargaku )
II. Kompetensi Dasar
1. Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiah dan ujaran (kata, kalimat) tentang : ôÏøMòjômòA (keluargaku )
2. Memahami makna kata dan informasi tentang : ôÏøMòjômòA (keluargaku )
3. Melakukan dialog sederhana tentang : ôÏøMòjômòA (keluargaku )
4. Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang : ôÏøMòjômòA (keluargaku )
5. Melafalkan huruf hijaiah, kata, kalimat, dan wacana tertulis tentang : ôÏøMòjômòA (keluargaku )
6. Menemukan makna, gagasan, atau ide wacana tertulis tentang : ôÏøMòjômòA (keluargaku )
7. Menyalin kata, kalimat, dan menyusun kata menjadi kalimat sempurna tentang : ôÏøMòjômòA (keluargaku )
III. Indikator
- Mampu mengidentifikasi gagasan utama dari teks yang dibacakan/diucapkan
- Mampu menceritakan kondisi lingkungan rumah kepada orang lain
- Mampu melakukan dialog sederhana tentang : ôÏøMòjômòA (keluargaku )
- Mampu menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang : ôÏøMòjômòA (keluargaku )
- Mampu membaca bacaan tentang : ôÏøMòjômòA (keluargaku )
- Mampu menangkap makna, gagasan, atau ide dalam bacaan tentang : ôÏøMòjômòA (keluargaku )
- Mampu menulis kalimat tentang ÏøMòjômòA dengan pemenggalan dan ejaan yang tepat
IV. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa mampu memahami teks berbahasa
Arab serta dapat berinteraksi secara lisan dan tertulis dengan guru
dan teman dalam bahasa Arab terkait dengan tema : ôÏøMòjômòA (keluargaku )
V. Materi Ajar
1. Hafalan kata-kata (mufradat) tentang : ôÏøMòjômòA (keluargaku )
2. Bacaan guru tentang : ôÏøMòjômòA (keluargaku )
3. Percakapan tentang : ôÏøMòjômòA (keluargaku )
4. Bacaan siswa tentang : ôÏøMòjômòA (keluargaku )
5. Latihan menulis dan menerjemahkan kalimat-kalimat tentang : ôÏøMòjômòA (keluargaku )
VI. Metode Pembelajaran
1. Contoh
2. Tanya jawab
3. Latihan
4. Penugasan
VII. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Guru mengawali kegiatan dengan membaca basmalah dan berdoa bersama.
b. Guru meminta siswa membaca teks bacaan dalam hati.
c. Guru mengajukan beberapa pertanyaan kepada siswa mengenai teks bacaan yang dibacanya.
d. Guru mengarahkan siswa kepada suatu pemikiran mengenai tema yang dimaksud dalam teks bacaan.
2. Kegiatan Inti
a. Menyimak (Istimw‘)
1) Guru membaca teks dengan suara jelas di depan kelas.
2) Guru meminta siswa mendengarkan bacaannya dengan saksama.
3) Guru memeriksa pemahaman siswa dengan meminta siswa menuliskan beberapa kalimat dari teks yang dibacakannya.
4) Guru memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan teks bacaan.
5) Guru memberikan latihan kepada siswa dengan menyuruh melengkapi
kalimat dengan kata yang sesuai.
b. Berbicara (Mupwdafah)
1) Guru meminta siswa membaca teks percakapan di dalam hati.
2) Guru menjelaskan inti sari teks percakapan kepada siswa secara singkat.
3) Guru meminta siswa bergiliran membaca teks secara nyaring dengan pronunciation (pelafalan) yang tepat.
4) Guru meminta beberapa siswa mempraktikkan percakapan di depan kelas sesuai dengan jumlah tokoh yang ada dalam bacaan.
5) Guru memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan teks percakapan.
6) Guru memberikan latihan kepada siswa dengan menyuruh melengkapi percakapan dengan kata yang sesuai.
7) Guru meminta siswa membuat percakapan mengenai situasi yang disediakan.
8) Setelah selesai, guru meminta siswa memerankan percakapan yang telah dibuatnya.
c. Membaca (Qirw’ah)
1) Guru meminta siswa membaca teks qirw’ah dalam hati.
2) Guru membimbing siswa untuk menemukan kalimat utama dan kalimat-kalimat penjelas pada tiap paragraf teks.
3) Guru memeriksa pemahaman siswa dengan mengarahkan siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan dari bacaan.
4) Guru meminta siswa bergiliran membaca teks secara nyaring dengan pelafalan yang tepat.
5) Guru meminta siswa membuat kalimat dengan kata-kata yang disediakan.
6) Guru meminta siswa menceritakan keadaan rumahnya dengan bahasa yang baik dan benar.
d. Menulis (Kitwbah)
1) Guru meminta siswa menyusun kata-kata dari sebuah kalimat yang urutannya telah diacak menjadi sebuah kalimat yang sempurna.
2) Guru meminta siswa melengkapi kalimat dengan kata yang sesuai.
3) Guru meminta siswa menyusun kalimat yang sempurna dari sebuah kata yang telah disediakan.
4) Guru meminta siswa menerjemahkan kalimat dalam bahasa Arab ke dalam bahasa Indonesia atau sebaliknya.
3. Kegiatan Akhir
a. Melakukan refleksi tentang proses dan hasil kegiatan belajar.
b. Guru mengajak siswa mendiskusikan hal-hal yang berkaitan dengan tema
c. Guru meminta siswa membuat portofolio yang berisi rangkuman mengenai hal-hal yang telah mereka pelajari dan yang telah mereka pahami.
VIII. Sumber/Bahan/Alat
1. Buku Bahasa Arab SD/ MI Sunaryo Putro Terbitan Pustaka Insani Madani .Jl Maguwoharjo Depok Sleman Jogjakarta
2. White board,spidol,karton untuk gambar buku bahasa arab kelas Dua
3. Buku – buku lain yang relevan .
IX. Penilaian/Bentuk Evaluasi
a. Tes Lisan
Siswa diminta menjelaskan keadaan rumah dengan lancar.
b. Tes Tertulis
Guru memberikan beberapa soal tertulis tentang keadaan rumah yang
telah dipelajari.
Batang ,10 Agustus 2011
Mengetahui,
Kepala Sekolah SDIT Permata Hati Guru Bahasa Arab
Suharti. SPd Nur SalimALH,SHI
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah : SDIT Permata Hati Batang
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas/Semester : II / I
Tema : óÒòÄôÈøÀ»ôAò ( Pekerjaan )
Pertemuan Ke- :
Alokasi Waktu : 6 jam pelajaran (6 × 30 menit)
I. Standar Kompetensi
1. Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau Bacaan tentang óÒòÄôÈøÀ»ôAò ( Pekerjaan )
2. Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan tentang óÒòÄôÈøÀ»ôAò ( Pekerjaan )
- Memahami wacana tertulis tentang óÒòÄôÈøÀ»ôAò ( Pekerjaan )
- Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek sederhana óÒòÄôÈøÀ»ôAò ( Pekerjaan
II. Kompetensi Dasar
1. Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiah dan ujaran (kata, kalimat) tentang óÒòÄôÈøÀ»ôAò ( Pekerjaan )
2. Memahami makna kata dan informasi tentang óÒòÄôÈøÀ»ôAò ( Pekerjaan )
- Melakukan dialog sederhana tentang óÒòÄôÈøÀ»ôAò ( Pekerjaan )
- Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang óÒòÄôÈøÀ»ôAò ( Pekerjaan )
- Melafalkan huruf hijaiah, kata, kalimat, dan wacana tertulis tentang óÒòÄôÈøÀ»ôAò ( Pekerjaan )
- Menemukan makna, gagasan, atau ide wacana tertulis tentang óÒòÄôÈøÀ»ôAò ( Pekerjaan )
- Menyalin kata, kalimat, dan menyusun kata menjadi kalimat sempurna tentang óÒòÄôÈøÀ»ôAò ( Pekerjaan )
III. Indikator
1. Mampu mengidentifikasi gagasan utama dari teks yang dibacakan/diucapkan
- Mampu menceritakan tentang profesi pekerjaan kepada orang lain
- Mampu melakukan dialog sederhana tentang óÒòÄôÈøÀ»ôAò ( Pekerjaan )
- Mampu menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang óÒòÄôÈøÀ»ôAò ( Pekerjaan )
- Mampu membaca bacaan tentang óÒòÄôÈøÀ»ôAò ( Pekerjaan )
- Mampu menangkap makna, gagasan, atau ide dalam bacaan tentang óÒòÄôÈøÀ»ôAò ( Pekerjaan )
- Mampu menulis kalimat tentang óÒòÄôÈøÀ»ôAò ( Pekerjaan ) dengan pemenggalan dan ejaan yang tepat
IV. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa mampu memahami teks berbahasa
Arab serta dapat berinteraksi secara lisan dan tertulis dengan guru
dan teman dalam bahasa Arab terkait dengan tema óÒòÄôÈøÀ»ôAò ( Pekerjaan )
V. Materi Ajar
1. Hafalan kata-kata (mufradat) tentang óÒòÄôÈøÀ»ôAò ( Pekerjaan )
2. Bacaan guru tentang óÒòÄôÈøÀ»ôAò ( Pekerjaan )
3. Percakapan tentang óÒòÄôÈøÀ»ôAò ( Pekerjaan )
4. Bacaan siswa tentang óÒòÄôÈøÀ»ôAò ( Pekerjaan )
5. Latihan menulis dan menerjemahkan kalimat-kalimat tentang óÒòÄôÈøÀ»ôAò ( Pekerjaan )
VI. Metode Pembelajaran
1. Contoh
2. Tanya jawab
3. Latihan
4. Penugasan
VII. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Guru mengawali kegiatan dengan membaca basmalah dan berdoa bersama.
b. Guru meminta siswa membaca teks bacaan dalam hati.
c. Guru mengajukan beberapa pertanyaan kepada siswa mengenai teks bacaan yang dibacanya.
d. Guru mengarahkan siswa kepada suatu pemikiran mengenai tema yang dimaksud dalam teks bacaan.
2. Kegiatan Inti
a. Menyimak (Istimw‘)
1) Guru membaca teks dengan suara jelas di depan kelas.
2) Guru meminta siswa mendengarkan bacaannya dengan saksama.
3) Guru memeriksa pemahaman siswa dengan meminta siswa menuliskan beberapa kalimat dari teks yang dibacakannya.
4) Guru memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan teks bacaan.
5) Guru memberikan latihan kepada siswa dengan menyuruh melengkapi
kalimat dengan kata yang sesuai.
b. Berbicara (Mupwdafah)
1) Guru meminta siswa membaca teks percakapan di dalam hati.
2) Guru menjelaskan inti sari teks percakapan kepada siswa secara singkat.
3) Guru meminta siswa bergiliran membaca teks secara nyaring dengan pronunciation (pelafalan) yang tepat.
4) Guru meminta beberapa siswa mempraktikkan percakapan di depan kelas sesuai dengan jumlah tokoh yang ada dalam bacaan.
5) Guru memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan teks percakapan.
6) Guru memberikan latihan kepada siswa dengan menyuruh melengkapi percakapan dengan kata yang sesuai.
7) Guru meminta siswa membuat percakapan mengenai situasi yang disediakan.
8) Setelah selesai, guru meminta siswa memerankan percakapan yang telah dibuatnya.
c. Membaca (Qirw’ah)
1) Guru meminta siswa membaca teks qirw’ah dalam hati.
2) Guru membimbing siswa untuk menemukan kalimat utama dan kalimat-kalimat penjelas pada tiap paragraf teks.
3) Guru memeriksa pemahaman siswa dengan mengarahkan siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan dari bacaan.
4) Guru meminta siswa bergiliran membaca teks secara nyaring dengan pelafalan yang tepat.
5) Guru meminta siswa membuat kalimat dengan kata-kata yang disediakan.
6) Guru meminta siswa menceritakan keadaan rumahnya dengan bahasa yang baik dan benar.
d. Menulis (Kitwbah)
1) Guru meminta siswa menyusun kata-kata dari sebuah kalimat yang urutannya telah diacak menjadi sebuah kalimat yang sempurna.
2) Guru meminta siswa melengkapi kalimat dengan kata yang sesuai.
3) Guru meminta siswa menyusun kalimat yang sempurna dari sebuah kata yang telah disediakan.
4) Guru meminta siswa menerjemahkan kalimat dalam bahasa Arab ke dalam bahasa Indonesia atau sebaliknya.
3. Kegiatan Akhir
a. Melakukan refleksi tentang proses dan hasil kegiatan belajar.
b. Guru mengajak siswa mendiskusikan hal-hal yang berkaitan dengan tema
c. Guru meminta siswa membuat portofolio yang berisi rangkuman mengenai hal-hal yang telah mereka pelajari dan yang telah mereka pahami.
VIII. Sumber/Bahan/Alat
1. Buku Bahasa Arab SD/ MI Sunaryo Putro Terbitan Pustaka Insani Madani .Jl Maguwoharjo Depok Sleman Jogjakarta
2. White board,spidol,karton untuk gambar buku bahasa arab kelas Satu
3. Buku – buku lain yang relevan .
IX. Penilaian/Bentuk Evaluasi
a. Tes Lisan
Siswa diminta menjelaskan profesi / pekerjaan dengan lancar.
b. Tes Tertulis
Guru memberikan beberapa soal tertulis tentan profesi yang telah dipelajari.
Batang ,10 Agustus 2011
Mengetahui,
Kepala Sekolah SDIT Permata Hati Guru Bahasa Arab
Suharti. SPd Nur SalimALH,SHI
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah : SDIT Permata Hati Batang
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas/Semester : II / I
Tema : øOôÎòJ»ôA Ïø@@¯ ( Di Rumah )
Pertemuan Ke- :
Alokasi Waktu : 6 jam pelajaran (6 × 30 menit)
I. Standar Kompetensi
1. Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau Bacaan tentang øOôÎòJ»ôA Ïø@@¯ ( Di Rumah )
2. Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan tentang øOôÎòJ»ôA Ïø@@¯ ( Di Rumah )
3. Memahami wacana tertulis tentang øOôÎòJ»ôA Ïø@@¯ ( Di Rumah )
4. Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek sederhana øOôÎòJ»ôA Ïø@@¯ ( Di Rumah )
II. Kompetensi Dasar
1. Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiah dan ujaran (kata, kalimat) tentang øOôÎòJ»ôA Ïø@@¯ ( Di Rumah )
2. Memahami makna kata dan informasi tentang øOôÎòJ»ôA Ïø@@¯ ( Di Rumah )
3. Melakukan dialog sederhana tentang øOôÎòJ»ôA Ïø@@¯ ( Di Rumah )
4. Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang øOôÎòJ»ôA Ïø@@¯ ( Di Rumah )
5. Melafalkan huruf hijaiah, kata, kalimat, dan wacana tertulis tentang øOôÎòJ»ôA Ïø@@¯ ( Di Rumah )
6. Menemukan makna, gagasan, atau ide wacana tertulis tentang øOôÎòJ»ôA Ïø@@¯ ( Di Rumah )
- Menyalin kata, kalimat, dan menyusun kata menjadi kalimat sempurna tentang øOôÎòJ»ôA Ïø@@¯ ( Di Rumah )
III. Indikator
1. Mampu mengidentifikasi gagasan utama dari teks yang dibacakan/diucapkan
2. Mampu menceritakan tentang profesi pekerjaan kepada orang lain
3. Mampu melakukan dialog sederhana tentang øOôÎòJ»ôA Ïø@@¯ ( Di Rumah )
4. Mampu menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang øOôÎòJ»ôA Ïø@@¯ ( Di Rumah )
5. Mampu membaca bacaan tentang øOôÎòJ»ôA Ïø@@¯ ( Di Rumah )
- Mampu menangkap makna, gagasan, atau ide dalam bacaan tentang øOôÎòJ»ôA Ïø@@¯ ( Di Rumah )
7. Mampu menulis kalimat tentang øOôÎòJ»ôA Ïø@@¯ ( Di Rumah ) dengan pemenggalan dan ejaan yang tepat
IV. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa mampu memahami teks berbahasa Arab serta dapat berinteraksi secara lisan dan tertulis dengan guru dan teman dalam bahasa Arab terkait dengan tema øOôÎòJ»ôA Ïø@@¯ ( Di Rumah )
V. Materi Ajar
1. Hafalan kata-kata (mufradat) tentang øOôÎòJ»ôA Ïø@@¯ ( Di Rumah )
2. Bacaan guru tentang øOôÎòJ»ôA Ïø@@¯ ( Di Rumah )
3. Percakapan tentang øOôÎòJ»ôA Ïø@@¯ ( Di Rumah )
4. Bacaan siswa tentang øOôÎòJ»ôA Ïø@@¯ ( Di Rumah )
5. Latihan menulis dan menerjemahkan kalimat-kalimat tentang øOôÎòJ»ôA Ïø@@¯ ( Di Rumah )
VI. Metode Pembelajaran
1. Contoh
2. Tanya jawab
3. Latihan
4. Penugasan
VII. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Guru mengawali kegiatan dengan membaca basmalah dan berdoa bersama.
b. Guru meminta siswa membaca teks bacaan dalam hati.
c. Guru mengajukan beberapa pertanyaan kepada siswa mengenai teks bacaan yang dibacanya.
d. Guru mengarahkan siswa kepada suatu pemikiran mengenai tema yang dimaksud dalam teks bacaan.
2. Kegiatan Inti
a. Menyimak (Istimw‘)
1) Guru membaca teks dengan suara jelas di depan kelas.
2) Guru meminta siswa mendengarkan bacaannya dengan saksama.
3) Guru memeriksa pemahaman siswa dengan meminta siswa menuliskan beberapa kalimat dari teks yang dibacakannya.
4) Guru memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan teks bacaan.
5) Guru memberikan latihan kepada siswa dengan menyuruh melengkapi
kalimat dengan kata yang sesuai.
b. Berbicara (Mupwdafah)
1) Guru meminta siswa membaca teks percakapan di dalam hati.
2) Guru menjelaskan inti sari teks percakapan kepada siswa secara singkat.
3) Guru meminta siswa bergiliran membaca teks secara nyaring dengan pronunciation (pelafalan) yang tepat.
4) Guru meminta beberapa siswa mempraktikkan percakapan di depan kelas sesuai dengan jumlah tokoh yang ada dalam bacaan.
5) Guru memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan teks percakapan.
6) Guru memberikan latihan kepada siswa dengan menyuruh melengkapi percakapan dengan kata yang sesuai.
7) Guru meminta siswa membuat percakapan mengenai situasi yang disediakan.
8) Setelah selesai, guru meminta siswa memerankan percakapan yang telah dibuatnya.
c. Membaca (Qirw’ah)
1) Guru meminta siswa membaca teks qirw’ah dalam hati.
2) Guru membimbing siswa untuk menemukan kalimat utama dan kalimat-kalimat penjelas pada tiap paragraf teks.
3) Guru memeriksa pemahaman siswa dengan mengarahkan siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan dari bacaan.
4) Guru meminta siswa bergiliran membaca teks secara nyaring dengan pelafalan yang tepat.
5) Guru meminta siswa membuat kalimat dengan kata-kata yang disediakan.
6) Guru meminta siswa menceritakan keadaan rumahnya dengan bahasa yang baik dan benar.
d. Menulis (Kitwbah)
1) Guru meminta siswa menyusun kata-kata dari sebuah kalimat yang urutannya telah diacak menjadi sebuah kalimat yang sempurna.
2) Guru meminta siswa melengkapi kalimat dengan kata yang sesuai.
3) Guru meminta siswa menyusun kalimat yang sempurna dari sebuah kata yang telah disediakan.
4) Guru meminta siswa menerjemahkan kalimat dalam bahasa Arab ke dalam bahasa Indonesia atau sebaliknya.
3. Kegiatan Akhir
a. Melakukan refleksi tentang proses dan hasil kegiatan belajar.
b. Guru mengajak siswa mendiskusikan hal-hal yang berkaitan dengan tema
c. Guru meminta siswa membuat portofolio yang berisi rangkuman mengenai hal-hal yang telah mereka pelajari dan yang telah mereka pahami.
VIII. Sumber/Bahan/Alat
1. Buku Bahasa Arab SD/ MI Sunaryo Putro Terbitan Pustaka Insani Madani .Jl Maguwoharjo Depok Sleman Jogjakarta
2. White board,spidol,karton untuk gambar buku bahasa arab kelas Satu
3. Buku – buku lain yang relevan .
IX. Penilaian/Bentuk Evaluasi
a. Tes Lisan
Siswa diminta menjelaskan Di Rumah dengan lancar.
b. Tes Tertulis
Guru memberikan beberapa soal tertulis tentan Di Rumah yang telah dipelajari.
Batang ,10 Agustus 2011
Mengetahui,
Kepala Sekolah SDIT Permata Hati Guru Bahasa Arab
Suharti. SPd Nur SalimALH,SHI
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah : SDIT Permata Hati Batang
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas/Semester : II / I
Tema : ø½ò·ôÞA øÒò¯ôjó« ôÏø¯ ( Di Ruang Makan )
Pertemuan Ke- :
Alokasi Waktu : 6 jam pelajaran (6 × 30 menit)
I. Standar Kompetensi
1. Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau Bacaan tentang ø½ò·ôÞA øÒò¯ôjó« ôÏø¯ ( Di Ruang Makan )
2. Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan tentang ø½ò·ôÞA øÒò¯ôjó« ôÏø¯ ( Di Ruang Makan )
3. Memahami wacana tertulis tentang ø½ò·ôÞA øÒò¯ôjó« ôÏø¯ ( Di Ruang Makan )
4. Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek sederhana ø½ò·ôÞA øÒò¯ôjó« ôÏø¯ ( Di Ruang Makan )
II. Kompetensi Dasar
1. Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiah dan ujaran (kata, kalimat) tentang ø½ò·ôÞA øÒò¯ôjó« ôÏø¯ ( Di Ruang Makan )
2. Memahami makna kata dan informasi tentang ø½ò·ôÞA øÒò¯ôjó« ôÏø¯ ( Di Ruang Makan )
3. Melakukan dialog sederhana tentang ø½ò·ôÞA øÒò¯ôjó« ôÏø¯ ( Di Ruang Makan )
4. Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang ø½ò·ôÞA øÒò¯ôjó« ôÏø¯ ( Di Ruang Makan )
5. Melafalkan huruf hijaiah, kata, kalimat, dan wacana tertulis tentang ø½ò·ôÞA øÒò¯ôjó« ôÏø¯ ( Di Ruang Makan )
6. Menemukan makna, gagasan, atau ide wacana tertulis tentang ø½ò·ôÞA øÒò¯ôjó« ôÏø¯ ( Di Ruang Makan )
7. Menyalin kata, kalimat, dan menyusun kata menjadi kalimat sempurna tentang ø½ò·ôÞA øÒò¯ôjó« ôÏø¯ ( Di Ruang Makan )
III. Indikator
1. Mampu mengidentifikasi gagasan utama dari teks yang dibacakan/diucapkan
2. Mampu menceritakan tentang profesi pekerjaan kepada orang lain
3. Mampu melakukan dialog sederhana tentang ø½ò·ôÞA øÒò¯ôjó« ôÏø¯ ( Di Ruang Makan )
4. Mampu menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang ø½ò·ôÞA øÒò¯ôjó« ôÏø¯ ( Di Ruang Makan )
5. Mampu membaca bacaan tentang ø½ò·ôÞA øÒò¯ôjó« ôÏø¯ ( Di Ruang Makan )
6. Mampu menangkap makna, gagasan, atau ide dalam bacaan tentang ø½ò·ôÞA øÒò¯ôjó« ôÏø¯ ( Di Ruang Makan )
7. Mampu menulis kalimat tentang ø½ò·ôÞA øÒò¯ôjó« ôÏø¯ ( Di Ruang Makan ) dengan pemenggalan dan ejaan yang tepat
IV. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa mampu memahami teks berbahasa Arab serta dapat berinteraksi secara lisan dan tertulis dengan guru dan teman dalam bahasa Arab terkait dengan tema ø½ò·ôÞA øÒò¯ôjó« ôÏø¯ ( Di Ruang Makan )
V. Materi Ajar
1. Hafalan kata-kata (mufradat) tentang ø½ò·ôÞA øÒò¯ôjó« ôÏø¯ ( Di Ruang Makan )
2. Bacaan guru tentang ø½ò·ôÞA øÒò¯ôjó« ôÏø¯ ( Di Ruang Makan )
3. Percakapan tentang ø½ò·ôÞA øÒò¯ôjó« ôÏø¯ ( Di Ruang Makan )
4. Bacaan siswa tentang ø½ò·ôÞA øÒò¯ôjó« ôÏø¯ ( Di Ruang Makan )
5. Latihan menulis dan menerjemahkan kalimat-kalimat tentang ø½ò·ôÞA øÒò¯ôjó« ôÏø¯ ( Di Ruang Makan )
VI. Metode Pembelajaran
1. Contoh
2. Tanya jawab
3. Latihan
4. Penugasan
VII. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Guru mengawali kegiatan dengan membaca basmalah dan berdoa bersama.
b. Guru meminta siswa membaca teks bacaan dalam hati.
c. Guru mengajukan beberapa pertanyaan kepada siswa mengenai teks bacaan yang dibacanya.
d. Guru mengarahkan siswa kepada suatu pemikiran mengenai tema yang dimaksud dalam teks bacaan.
2. Kegiatan Inti
a. Menyimak (Istimw‘)
1) Guru membaca teks dengan suara jelas di depan kelas.
2) Guru meminta siswa mendengarkan bacaannya dengan saksama.
3) Guru memeriksa pemahaman siswa dengan meminta siswa menuliskan beberapa kalimat dari teks yang dibacakannya.
4) Guru memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan teks bacaan.
5) Guru memberikan latihan kepada siswa dengan menyuruh melengkapi
kalimat dengan kata yang sesuai.
b. Berbicara (Mupwdafah)
1) Guru meminta siswa membaca teks percakapan di dalam hati.
2) Guru menjelaskan inti sari teks percakapan kepada siswa secara singkat.
3) Guru meminta siswa bergiliran membaca teks secara nyaring dengan pronunciation (pelafalan) yang tepat.
4) Guru meminta beberapa siswa mempraktikkan percakapan di depan kelas sesuai dengan jumlah tokoh yang ada dalam bacaan.
5) Guru memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan teks percakapan.
6) Guru memberikan latihan kepada siswa dengan menyuruh melengkapi percakapan dengan kata yang sesuai.
7) Guru meminta siswa membuat percakapan mengenai situasi yang disediakan.
8) Setelah selesai, guru meminta siswa memerankan percakapan yang telah dibuatnya.
c. Membaca (Qirw’ah)
1) Guru meminta siswa membaca teks qirw’ah dalam hati.
2) Guru membimbing siswa untuk menemukan kalimat utama dan kalimat-kalimat penjelas pada tiap paragraf teks.
3) Guru memeriksa pemahaman siswa dengan mengarahkan siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan dari bacaan.
4) Guru meminta siswa bergiliran membaca teks secara nyaring dengan pelafalan yang tepat.
5) Guru meminta siswa membuat kalimat dengan kata-kata yang disediakan.
6) Guru meminta siswa menceritakan keadaan rumahnya dengan bahasa yang baik dan benar.
d. Menulis (Kitwbah)
1) Guru meminta siswa menyusun kata-kata dari sebuah kalimat yang urutannya telah diacak menjadi sebuah kalimat yang sempurna.
2) Guru meminta siswa melengkapi kalimat dengan kata yang sesuai.
3) Guru meminta siswa menyusun kalimat yang sempurna dari sebuah kata yang telah disediakan.
4) Guru meminta siswa menerjemahkan kalimat dalam bahasa Arab ke dalam bahasa Indonesia atau sebaliknya.
3. Kegiatan Akhir
a. Melakukan refleksi tentang proses dan hasil kegiatan belajar.
b. Guru mengajak siswa mendiskusikan hal-hal yang berkaitan dengan tema
c. Guru meminta siswa membuat portofolio yang berisi rangkuman mengenai hal-hal yang telah mereka pelajari dan yang telah mereka pahami.
VIII. Sumber/Bahan/Alat
1. Buku Bahasa Arab SD/ MI Sunaryo Putro Terbitan Pustaka Insani Madani .Jl Maguwoharjo Depok Sleman Jogjakarta
2. White board,spidol,karton untuk gambar buku bahasa arab kelas Satu
3. Buku – buku lain yang relevan .
IX. Penilaian/Bentuk Evaluasi
a. Tes Lisan
Siswa diminta menjelaskan Di Rumah dengan lancar.
b. Tes Tertulis
Guru memberikan beberapa soal tertulis tentan Di Rumah yang telah dipelajari.
Batang ,10 Agustus 2011
Mengetahui,
Kepala Sekolah SDIT Permata Hati Guru Bahasa Arab
Suharti. SPd Nur SalimALH,SHI
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah : SDIT Permata Hati Batang
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas/Semester : II / I
Tema : LAòjúr»AòË óÂBò¨ú^»Aò ( Makanan dan Minuman )
Pertemuan Ke- :
Alokasi Waktu : 6 jam pelajaran (6 × 30 menit)
I. Standar Kompetensi
1. Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau Bacaan tentang LAòjúr»AòË óÂBò¨ú^»Aò ( Makanan dan Minuman )
2. Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan tentang LAòjúr»AòË óÂBò¨ú^»Aò ( Makanan dan Minuman )
3. Memahami wacana tertulis tentang LAòjúr»AòË óÂBò¨ú^»Aò ( Makanan dan Minuman )
4. Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek sederhana LAòjúr»AòË óÂBò¨ú^»Aò ( Makanan dan Minuman )
II. Kompetensi Dasar
1. Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiah dan ujaran (kata, kalimat) tentang LAòjúr»AòË óÂBò¨ú^»Aò ( Makanan dan Minuman )
2. Memahami makna kata dan informasi tentang LAòjúr»AòË óÂBò¨ú^»Aò ( Makanan dan Minuman )
3. Melakukan dialog sederhana tentang LAòjúr»AòË óÂBò¨ú^»Aò ( Makanan dan Minuman )
4. Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang LAòjúr»AòË óÂBò¨ú^»Aò ( Makanan dan Minuman )
5. Melafalkan huruf hijaiah, kata, kalimat, dan wacana tertulis tentang LAòjúr»AòË óÂBò¨ú^»Aò ( Makanan dan Minuman )
6. Menemukan makna, gagasan, atau ide wacana tertulis tentang LAòjúr»AòË óÂBò¨ú^»Aò ( Makanan dan Minuman )
7. Menyalin kata, kalimat, dan menyusun kata menjadi kalimat sempurna tentang LAòjúr»AòË óÂBò¨ú^»Aò ( Makanan dan Minuman )
III. Indikator
1. Mampu mengidentifikasi gagasan utama dari teks yang dibacakan/diucapkan
2. Mampu menceritakan tentang profesi pekerjaan kepada orang lain
3. Mampu melakukan dialog sederhana tentang LAòjúr»AòË óÂBò¨ú^»Aò ( Makanan dan Minuman )
4. Mampu menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang LAòjúr»AòË óÂBò¨ú^»Aò ( Makanan dan Minuman )
5. Mampu membaca bacaan tentang LAòjúr»AòË óÂBò¨ú^»Aò ( Makanan dan Minuman )
6. Mampu menangkap makna, gagasan, atau ide dalam bacaan tentang LAòjúr»AòË óÂBò¨ú^»Aò ( Makanan dan Minuman )
7. Mampu menulis kalimat tentang LAòjúr»AòË óÂBò¨ú^»Aò ( Makanan dan Minuman ) dengan pemenggalan dan ejaan yang tepat
IV. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa mampu memahami teks berbahasa Arab serta dapat berinteraksi secara lisan dan tertulis dengan guru dan teman dalam bahasa Arab terkait dengan tema LAòjúr»AòË óÂBò¨ú^»Aò ( Makanan dan Minuman )
V. Materi Ajar
1. Hafalan kata-kata (mufradat) tentang LAòjúr»AòË óÂBò¨ú^»Aò ( Makanan dan Minuman
2. Bacaan guru tentang LAòjúr»AòË óÂBò¨ú^»Aò ( Makanan dan Minuman )
3. Percakapan tentang LAòjúr»AòË óÂBò¨ú^»Aò ( Makanan dan Minuman )
4. Bacaan siswa tentang LAòjúr»AòË óÂBò¨ú^»Aò ( Makanan dan Minuman )
5. Latihan menulis dan menerjemahkan kalimat-kalimat tentang LAòjúr»AòË óÂBò¨ú^»Aò ( Makanan dan Minuman )
VI. Metode Pembelajaran
1. Contoh
2. Tanya jawab
3. Latihan
4. Penugasan
VII. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Guru mengawali kegiatan dengan membaca basmalah dan berdoa bersama.
b. Guru meminta siswa membaca teks bacaan dalam hati.
c. Guru mengajukan beberapa pertanyaan kepada siswa mengenai teks bacaan yang dibacanya.
d. Guru mengarahkan siswa kepada suatu pemikiran mengenai tema yang dimaksud dalam teks bacaan.
2. Kegiatan Inti
a. Menyimak (Istimw‘)
1) Guru membaca teks dengan suara jelas di depan kelas.
2) Guru meminta siswa mendengarkan bacaannya dengan saksama.
3) Guru memeriksa pemahaman siswa dengan meminta siswa menuliskan beberapa kalimat dari teks yang dibacakannya.
4) Guru memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan teks bacaan.
5) Guru memberikan latihan kepada siswa dengan menyuruh melengkapi
kalimat dengan kata yang sesuai.
b. Berbicara (Mupwdafah)
1) Guru meminta siswa membaca teks percakapan di dalam hati.
2) Guru menjelaskan inti sari teks percakapan kepada siswa secara singkat.
3) Guru meminta siswa bergiliran membaca teks secara nyaring dengan pronunciation (pelafalan) yang tepat.
4) Guru meminta beberapa siswa mempraktikkan percakapan di depan kelas sesuai dengan jumlah tokoh yang ada dalam bacaan.
5) Guru memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan teks percakapan.
6) Guru memberikan latihan kepada siswa dengan menyuruh melengkapi percakapan dengan kata yang sesuai.
7) Guru meminta siswa membuat percakapan mengenai situasi yang disediakan.
8) Setelah selesai, guru meminta siswa memerankan percakapan yang telah dibuatnya.
c. Membaca (Qirw’ah)
1) Guru meminta siswa membaca teks qirw’ah dalam hati.
2) Guru membimbing siswa untuk menemukan kalimat utama dan kalimat-kalimat penjelas pada tiap paragraf teks.
3) Guru memeriksa pemahaman siswa dengan mengarahkan siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan dari bacaan.
4) Guru meminta siswa bergiliran membaca teks secara nyaring dengan pelafalan yang tepat.
5) Guru meminta siswa membuat kalimat dengan kata-kata yang disediakan.
6) Guru meminta siswa menceritakan keadaan rumahnya dengan bahasa yang baik dan benar.
d. Menulis (Kitwbah)
1) Guru meminta siswa menyusun kata-kata dari sebuah kalimat yang urutannya telah diacak menjadi sebuah kalimat yang sempurna.
2) Guru meminta siswa melengkapi kalimat dengan kata yang sesuai.
3) Guru meminta siswa menyusun kalimat yang sempurna dari sebuah kata yang telah disediakan.
4) Guru meminta siswa menerjemahkan kalimat dalam bahasa Arab ke dalam bahasa Indonesia atau sebaliknya.
3. Kegiatan Akhir
a. Melakukan refleksi tentang proses dan hasil kegiatan belajar.
b. Guru mengajak siswa mendiskusikan hal-hal yang berkaitan dengan tema
c. Guru meminta siswa membuat portofolio yang berisi rangkuman mengenai hal-hal yang telah mereka pelajari dan yang telah mereka pahami.
VIII. Sumber/Bahan/Alat
1. Buku Bahasa Arab SD/ MI Sunaryo Putro Terbitan Pustaka Insani Madani .Jl Maguwoharjo Depok Sleman Jogjakarta
2. White board,spidol,karton untuk gambar buku bahasa arab kelas Satu
3. Buku – buku lain yang relevan .
IX. Penilaian/Bentuk Evaluasi
a. Tes Lisan
Siswa diminta menjelaskan Di Rumah dengan lancar.
b. Tes Tertulis
Guru memberikan beberapa soal tertulis tentan Di Rumah yang telah dipelajari.
Batang ,10 Agustus 2011
Mengetahui,
Kepala Sekolah SDIT Permata Hati Guru Bahasa Arab
Suharti. SPd Nur SalimALH,SHI
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah : SDIT Permata Hati Batang
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas/Semester : II / I
Tema : ôÆBò¸òÀ»ôA ( Tempat )
Pertemuan Ke- :
Alokasi Waktu : 6 jam pelajaran (6 × 30 menit)
I. Standar Kompetensi
1. Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau Bacaan tentang ôÆBò¸òÀ»ôA ( Tempat )
2. Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan tentang ôÆBò¸òÀ»ôA ( Tempat )
3. Memahami wacana tertulis tentang ôÆBò¸òÀ»ôA ( Tempat )
4. Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek sederhana ôÆBò¸òÀ»ôA ( Tempat )
II. Kompetensi Dasar
1. Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiah dan ujaran (kata, kalimat) tentang ôÆBò¸òÀ»ôA ( Tempat )
2. Memahami ma;na ôÆBò¸òÀ»ôA ( Tempat )
3. Melakukan dialog sederhana tentang ôÆBò¸òÀ»ôA ( Tempat )
4. Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang ôÆBò¸òÀ»ôA ( Tempat )
5. Melafalkan huruf hijaiah, kata, kalimat, dan wacana tertulis tentang ôÆBò¸òÀ»ôA ( Tempat )
6. Menemukan makna, gagasan, atau ide wacana tertulis tentang ôÆBò¸òÀ»ôA ( Tempat )
7. Menyalin kata, kalimat, dan menyusun kata menjadi kalimat sempurna tentang ôÆBò¸òÀ»ôA ( Tempat )
III. Indikator
1. Mampu mengidentifikasi gagasan utama dari teks yang dibacakan/diucapkan
2. Mampu menceritakan tentang profesi pekerjaan kepada orang lain
3. Mampu melakukan dialog sederhana tentang ôÆBò¸òÀ»ôA ( Tempat )
4. Mampu menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang ôÆBò¸òÀ»ôA ( Tempat )
5. Mampu membaca bacaan tentang ôÆBò¸òÀ»ôA ( Tempat )
6. Mampu menangkap makna, gagasan, atau ide dalam bacaan tentang ôÆBò¸òÀ»ôA ( Tempat )
7. Mampu menulis kalimat tentang ôÆBò¸òÀ»ôA ( Tempat ) dengan pemenggalan dan ejaan yang tepat
IV. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa mampu memahami teks berbahasa Arab serta dapat berinteraksi secara lisan dan tertulis dengan guru dan teman dalam bahasa Arab terkait dengan tema ôÆBò¸òÀ»ôA ( Tempat )
V. Materi Ajar
1. Hafalan kata-kata (mufradat) tentang ôÆBò¸òÀ»ôA ( Tempat )
2. Bacaan guru tentang ôÆBò¸òÀ»ôA ( Tempat )
3. Percakapan tentang ôÆBò¸òÀ»ôA ( Tempat )
4. Bacaan siswa tentang ôÆBò¸òÀ»ôA ( Tempat )
5. Latihan menulis dan menerjemahkan kalimat-kalimat tentang ôÆBò¸òÀ»ôA ( Tempat )
VI. Metode Pembelajaran
1. Contoh
2. Tanya jawab
3. Latihan
4. Penugasan
VII. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Guru mengawali kegiatan dengan membaca basmalah dan berdoa bersama.
b. Guru meminta siswa membaca teks bacaan dalam hati.
c. Guru mengajukan beberapa pertanyaan kepada siswa mengenai teks bacaan yang dibacanya.
d. Guru mengarahkan siswa kepada suatu pemikiran mengenai tema yang dimaksud dalam teks bacaan.
2. Kegiatan Inti
a. Menyimak (Istimw‘)
1) Guru membaca teks dengan suara jelas di depan kelas.
2) Guru meminta siswa mendengarkan bacaannya dengan saksama.
3) Guru memeriksa pemahaman siswa dengan meminta siswa menuliskan beberapa kalimat dari teks yang dibacakannya.
4) Guru memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan teks bacaan.
5) Guru memberikan latihan kepada siswa dengan menyuruh melengkapi
kalimat dengan kata yang sesuai.
b. Berbicara (Mupwdafah)
1) Guru meminta siswa membaca teks percakapan di dalam hati.
2) Guru menjelaskan inti sari teks percakapan kepada siswa secara singkat.
3) Guru meminta siswa bergiliran membaca teks secara nyaring dengan pronunciation (pelafalan) yang tepat.
4) Guru meminta beberapa siswa mempraktikkan percakapan di depan kelas sesuai dengan jumlah tokoh yang ada dalam bacaan.
5) Guru memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan teks percakapan.
6) Guru memberikan latihan kepada siswa dengan menyuruh melengkapi percakapan dengan kata yang sesuai.
7) Guru meminta siswa membuat percakapan mengenai situasi yang disediakan.
8) Setelah selesai, guru meminta siswa memerankan percakapan yang telah dibuatnya.
c. Membaca (Qirw’ah)
1) Guru meminta siswa membaca teks qirw’ah dalam hati.
2) Guru membimbing siswa untuk menemukan kalimat utama dan kalimat-kalimat penjelas pada tiap paragraf teks.
3) Guru memeriksa pemahaman siswa dengan mengarahkan siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan dari bacaan.
4) Guru meminta siswa bergiliran membaca teks secara nyaring dengan pelafalan yang tepat.
5) Guru meminta siswa membuat kalimat dengan kata-kata yang disediakan.
6) Guru meminta siswa menceritakan keadaan rumahnya dengan bahasa yang baik dan benar.
d. Menulis (Kitwbah)
1) Guru meminta siswa menyusun kata-kata dari sebuah kalimat yang urutannya telah diacak menjadi sebuah kalimat yang sempurna.
2) Guru meminta siswa melengkapi kalimat dengan kata yang sesuai.
3) Guru meminta siswa menyusun kalimat yang sempurna dari sebuah kata yang telah disediakan.
4) Guru meminta siswa menerjemahkan kalimat dalam bahasa Arab ke dalam bahasa Indonesia atau sebaliknya.
3. Kegiatan Akhir
a. Melakukan refleksi tentang proses dan hasil kegiatan belajar.
b. Guru mengajak siswa mendiskusikan hal-hal yang berkaitan dengan tema
c. Guru meminta siswa membuat portofolio yang berisi rangkuman mengenai hal-hal yang telah mereka pelajari dan yang telah mereka pahami.
VIII. Sumber/Bahan/Alat
1. Buku Bahasa Arab SD/ MI Sunaryo Putro Terbitan Pustaka Insani Madani .Jl Maguwoharjo Depok Sleman Jogjakarta
2. White board,spidol,karton untuk gambar buku bahasa arab kelas Satu
3. Buku – buku lain yang relevan .
IX. Penilaian/Bentuk Evaluasi
a. Tes Lisan
Siswa diminta menjelaskan Di Rumah dengan lancar.
b. Tes Tertulis
Guru memberikan beberapa soal tertulis tentan Di Rumah yang telah dipelajari.
Batang ,10 Agustus 2011
Mengetahui,
Kepala Sekolah SDIT Permata Hati Guru Bahasa Arab
Suharti. SPd Nur SalimALH,SHI
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah : SDIT Permata Hati Batang
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas/Semester : II / I
Tema : óeAòfò¨»ôAò ( Bilangan )
Pertemuan Ke- : 11- 14
Alokasi Waktu : 6 jam pelajaran (6 × 30 menit)
I. Standar Kompetensi
1. Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog tentang óeAòfò¨»ôAò ( Bilangan )
2. Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan tentang óeAòfò¨»ôAò ( Bilangan )
3. Memahami wacana tertulis tentang óeAòfò¨»ôAò ( Bilangan )
4. Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek sederhana óeAòfò¨»ôAò ( Bilangan )
II. Kompetensi Dasar
1. Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiah dan ujaran (kata, kalimat) tentang óeAòfò¨»ôAò ( Bilangan )
2. Memahami makna kata dan informasi tentang óeAòfò¨»ôAò ( Bilangan )
3. Melakukan dialog sederhana tentang óeAòfò¨»ôAò ( Bilangan )
4. Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang óeAòfò¨»ôAò ( Bilangan )
5. Melafalkan huruf hijaiah, kata, kalimat, dan wacana tertulis tentang óeAòfò¨»ôAò ( Bilangan )
6. Menemukan makna, gagasan, atau ide wacana tertulis tentang óeAòfò¨»ôAò ( Bilangan )
7. Menyalin kata, kalimat, dan menyusun kata menjadi kalimat sempurna tentang óeAòfò¨»ôAò ( Bilangan )
III. Indikator
- Mampu mengidentifikasi gagasan utama dari teks yang dibacakan/diucapkan
- Mampu menceritakan kondisi lingkungan rumah kepada orang lain
- Mampu melakukan dialog sederhana tentang
- Mampu menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang
- Mampu membaca bacaan tentang
- Mampu menangkap makna, gagasan, atau ide dalam bacaan tentang
- Mampu menulis kalimat tentang óeAòfò¨»ôAò ( Bilangan ) dengan pemenggalan dan ejaan yang tepat
IV. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa mampu memahami teks berbahasa
Arab serta dapat berinteraksi secara lisan dan tertulis dengan guru
dan teman dalam bahasa Arab terkait dengan tema óeAòfò¨»ôAò ( Bilangan )
V. Materi Ajar
1. Hafalan kata-kata (mufradat) tentang óeAòfò¨»ôAò ( Bilangan )
2. Bacaan guru tentang óeAòfò¨»ôAò ( Bilangan )
3. Percakapan tentang óeAòfò¨»ôAò ( Bilangan )
4. Bacaan siswa tentang óeAòfò¨»ôAò ( Bilangan )
5. Latihan menulis dan menerjemahkan kalimat-kalimat tentang óeAòfò¨»ôAò ( Bilangan )
VI. Metode Pembelajaran
1. Contoh
2. Tanya jawab
3. Latihan
4. Penugasan
VII. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Guru mengawali kegiatan dengan membaca basmalah dan berdoa bersama.
b. Guru meminta siswa membaca teks bacaan dalam hati.
c. Guru mengajukan beberapa pertanyaan kepada siswa mengenai teks bacaan yang dibacanya.
d. Guru mengarahkan siswa kepada suatu pemikiran mengenai tema yang dimaksud dalam teks bacaan.
2. Kegiatan Inti
a. Menyimak (Istimw‘)
1) Guru membaca teks dengan suara jelas di depan kelas.
2) Guru meminta siswa mendengarkan bacaannya dengan saksama.
3) Guru memeriksa pemahaman siswa dengan meminta siswa menuliskan beberapa kalimat dari teks yang dibacakannya.
4) Guru memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan teks bacaan.
5) Guru memberikan latihan kepada siswa dengan menyuruh melengkapi
kalimat dengan kata yang sesuai.
b. Berbicara (Mupwdafah)
1) Guru meminta siswa membaca teks percakapan di dalam hati.
2) Guru menjelaskan inti sari teks percakapan kepada siswa secara singkat.
3) Guru meminta siswa bergiliran membaca teks secara nyaring dengan pronunciation (pelafalan) yang tepat.
4) Guru meminta beberapa siswa mempraktikkan percakapan di depan kelas sesuai dengan jumlah tokoh yang ada dalam bacaan.
5) Guru memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan teks percakapan.
6) Guru memberikan latihan kepada siswa dengan menyuruh melengkapi percakapan dengan kata yang sesuai.
7) Guru meminta siswa membuat percakapan mengenai situasi yang disediakan.
8) Setelah selesai, guru meminta siswa memerankan percakapan yang telah dibuatnya.
c. Membaca (Qirw’ah)
1) Guru meminta siswa membaca teks qirw’ah dalam hati.
2) Guru membimbing siswa untuk menemukan kalimat utama dan kalimat-kalimat penjelas pada tiap paragraf teks.
3) Guru memeriksa pemahaman siswa dengan mengarahkan siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan dari bacaan.
4) Guru meminta siswa bergiliran membaca teks secara nyaring dengan pelafalan yang tepat.
5) Guru meminta siswa membuat kalimat dengan kata-kata yang disediakan.
6) Guru meminta siswa menceritakan keadaan rumahnya dengan bahasa yang baik dan benar.
d. Menulis (Kitwbah)
1) Guru meminta siswa menyusun kata-kata dari sebuah kalimat yang urutannya telah diacak menjadi sebuah kalimat yang sempurna.
2) Guru meminta siswa melengkapi kalimat dengan kata yang sesuai.
3) Guru meminta siswa menyusun kalimat yang sempurna dari sebuah kata yang telah disediakan.
4) Guru meminta siswa menerjemahkan kalimat dalam bahasa Arab ke dalam bahasa Indonesia atau sebaliknya.
3. Kegiatan Akhir
a. Melakukan refleksi tentang proses dan hasil kegiatan belajar.
b. Guru mengajak siswa mendiskusikan hal-hal yang berkaitan dengan tema
c. Guru meminta siswa membuat portofolio yang berisi rangkuman mengenai hal-hal yang telah mereka pelajari dan yang telah mereka pahami.
VIII. Sumber/Bahan/Alat
1. Buku Bahasa Arab SD/ MI Sunaryo Putro Terbitan Pustaka Insani Madani .Jl Maguwoharjo Depok Sleman Jogjakarta
2. White board,spidol,karton untuk gambar buku bahasa arab kelas Satu
3. Buku – buku lain yang relevan .
IX. Penilaian/Bentuk Evaluasi
a. Tes Lisan
Siswa diminta menjelaskan keadaan rumahnya dengan lancar.
b. Tes Tertulis
Guru memberikan beberapa soal tertulis tentang keadaan rumah yang
telah dipelajari.
Batang ,10 Agustus 2011
Mengetahui,
Kepala Sekolah SDIT Permata Hati Guru Bahasa Arab
Suharti. SPd Nur SalimALH,SHI
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah : SDIT Permata Hati Batang
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas/Semester : II / I
Tema : ? ôLBòNø¸ô»A òÅôÍòC ( Di Manakah Buku ? )
Pertemuan Ke- :
Alokasi Waktu : 6 jam pelajaran (6 × 30 menit)
I. Standar Kompetensi
1. Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau Bacaan tentang ? ôLBòNø¸ô»A òÅôÍòC ( Di Manakah Buku ? )
2. Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan tentang ? ôLBòNø¸ô»A òÅôÍòC ( Di Manakah Buku ? )
3. Memahami wacana tertulis tentang ? ôLBòNø¸ô»A òÅôÍòC ( Di Manakah Buku ? )
4. Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek sederhana ? ôLBòNø¸ô»A òÅôÍòC ( Di Manakah Buku ? )
II. Kompetensi Dasar
1. Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiah dan ujaran (kata, kalimat) tentang ô ÆBò¸òÀ»ôA ( Tempat )
2. Memahami ma;na ôÆBò¸òÀ»ôA ( Tempat )
3. Melakukan dialog sederhana tentang ôÆBò¸òÀ»ôA ( Tempat )
4. Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang ôÆBò¸òÀ»ôA ( Tempat )
5. Melafalkan huruf hijaiah, kata, kalimat, dan wacana tertulis tentang ôÆBò¸òÀ»ôA ( Tempat )
6. Menemukan makna, gagasan, atau ide wacana tertulis tentang ôÆBò¸òÀ»ôA ( Tempat )
7. Menyalin kata, kalimat, dan menyusun kata menjadi kalimat sempurna tentang ôÆBò¸òÀ»ôA ( Tempat )
III. Indikator
1. Mampu mengidentifikasi gagasan utama dari teks yang dibacakan/diucapkan
2. Mampu menceritakan tentang profesi pekerjaan kepada orang lain
3. Mampu melakukan dialog sederhana tentang ôÆBò¸òÀ»ôA ( Tempat )
4. Mampu menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang ôÆBò¸òÀ»ôA ( Tempat )
5. Mampu membaca bacaan tentang ôÆBò¸òÀ»ôA ( Tempat )
6. Mampu menangkap makna, gagasan, atau ide dalam bacaan tentang ôÆBò¸òÀ»ôA ( Tempat )
7. Mampu menulis kalimat tentang ôÆBò¸òÀ»ôA ( Tempat ) dengan pemenggalan dan ejaan yang tepat
IV. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa mampu memahami teks berbahasa Arab serta dapat berinteraksi secara lisan dan tertulis dengan guru dan teman dalam bahasa Arab terkait dengan tema ôÆBò¸òÀ»ôA ( Tempat )
V. Materi Ajar
1. Hafalan kata-kata (mufradat) tentang ôÆBò¸òÀ»ôA ( Tempat )
2. Bacaan guru tentang ôÆBò¸òÀ»ôA ( Tempat )
3. Percakapan tentang ôÆBò¸òÀ»ôA ( Tempat )
4. Bacaan siswa tentang ôÆBò¸òÀ»ôA ( Tempat )
5. Latihan menulis dan menerjemahkan kalimat-kalimat tentang ôÆBò¸òÀ»ôA ( Tempat )
VI. Metode Pembelajaran
1. Contoh
2. Tanya jawab
3. Latihan
4. Penugasan
VII. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Guru mengawali kegiatan dengan membaca basmalah dan berdoa bersama.
b. Guru meminta siswa membaca teks bacaan dalam hati.
c. Guru mengajukan beberapa pertanyaan kepada siswa mengenai teks bacaan yang dibacanya.
d. Guru mengarahkan siswa kepada suatu pemikiran mengenai tema yang dimaksud dalam teks bacaan.
2. Kegiatan Inti
a. Menyimak (Istimw‘)
1) Guru membaca teks dengan suara jelas di depan kelas.
2) Guru meminta siswa mendengarkan bacaannya dengan saksama.
3) Guru memeriksa pemahaman siswa dengan meminta siswa menuliskan beberapa kalimat dari teks yang dibacakannya.
4) Guru memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan teks bacaan.
5) Guru memberikan latihan kepada siswa dengan menyuruh melengkapi
kalimat dengan kata yang sesuai.
b. Berbicara (Mupwdafah)
1) Guru meminta siswa membaca teks percakapan di dalam hati.
2) Guru menjelaskan inti sari teks percakapan kepada siswa secara singkat.
3) Guru meminta siswa bergiliran membaca teks secara nyaring dengan pronunciation (pelafalan) yang tepat.
4) Guru meminta beberapa siswa mempraktikkan percakapan di depan kelas sesuai dengan jumlah tokoh yang ada dalam bacaan.
5) Guru memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan teks percakapan.
6) Guru memberikan latihan kepada siswa dengan menyuruh melengkapi percakapan dengan kata yang sesuai.
7) Guru meminta siswa membuat percakapan mengenai situasi yang disediakan.
8) Setelah selesai, guru meminta siswa memerankan percakapan yang telah dibuatnya.
c. Membaca (Qirw’ah)
1) Guru meminta siswa membaca teks qirw’ah dalam hati.
2) Guru membimbing siswa untuk menemukan kalimat utama dan kalimat-kalimat penjelas pada tiap paragraf teks.
3) Guru memeriksa pemahaman siswa dengan mengarahkan siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan dari bacaan.
4) Guru meminta siswa bergiliran membaca teks secara nyaring dengan pelafalan yang tepat.
5) Guru meminta siswa membuat kalimat dengan kata-kata yang disediakan.
6) Guru meminta siswa menceritakan keadaan rumahnya dengan bahasa yang baik dan benar.
d. Menulis (Kitwbah)
1) Guru meminta siswa menyusun kata-kata dari sebuah kalimat yang urutannya telah diacak menjadi sebuah kalimat yang sempurna.
2) Guru meminta siswa melengkapi kalimat dengan kata yang sesuai.
3) Guru meminta siswa menyusun kalimat yang sempurna dari sebuah kata yang telah disediakan.
4) Guru meminta siswa menerjemahkan kalimat dalam bahasa Arab ke dalam bahasa Indonesia atau sebaliknya.
3. Kegiatan Akhir
a. Melakukan refleksi tentang proses dan hasil kegiatan belajar.
b. Guru mengajak siswa mendiskusikan hal-hal yang berkaitan dengan tema
c. Guru meminta siswa membuat portofolio yang berisi rangkuman mengenai hal-hal yang telah mereka pelajari dan yang telah mereka pahami.
VIII. Sumber/Bahan/Alat
1. Buku Bahasa Arab SD/ MI Sunaryo Putro Terbitan Pustaka Insani Madani .Jl Maguwoharjo Depok Sleman Jogjakarta
2. White board,spidol,karton untuk gambar buku bahasa arab kelas Satu
3. Buku – buku lain yang relevan .
IX. Penilaian/Bentuk Evaluasi
a. Tes Lisan
Siswa diminta menjelaskan Di Rumah dengan lancar.
b. Tes Tertulis
Guru memberikan beberapa soal tertulis tentan Di Rumah yang telah dipelajari.
Batang ,10 Agustus 2011
Mengetahui,
Kepala Sekolah SDIT Permata Hati Guru Bahasa Arab
Suharti. SPd Nur SalimALH,SHI
0 komentar:
Posting Komentar