Rabu, 14 September 2011

RPP Bahasa Arab Kelas II

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Nama Sekolah             : SDIT Permata Hati Batang
Mata Pelajaran            : Bahasa Arab
Kelas/Semester            : II / I
Tema                           :    ôÏøMòjômòA   (keluargaku ) 
Pertemuan Ke-            :
Alokasi Waktu            : 6  jam pelajaran (6 × 30 menit)

I. Standar Kompetensi
1.      Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam  bentuk paparan atau dialog tentang    :    ôÏøMòjômòA   (keluargaku)
2.      Memahami wacana tertulis tentang  :    ôÏøMòjômòA   (keluargaku ) 
3.      Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek sederhana   :    ôÏøMòjômòA   (keluargaku ) 
II. Kompetensi Dasar
1.      Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiah dan ujaran (kata, kalimat) tentang  :    ôÏøMòjômòA   (keluargaku ) 
2.      Memahami makna kata dan informasi tentang  :    ôÏøMòjômòA   (keluargaku ) 
3.      Melakukan dialog sederhana tentang  :    ôÏøMòjômòA   (keluargaku ) 
4.      Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang  :    ôÏøMòjômòA   (keluargaku ) 
5.      Melafalkan huruf hijaiah, kata, kalimat, dan wacana tertulis tentang  :    ôÏøMòjômòA   (keluargaku ) 
6.      Menemukan makna, gagasan, atau ide wacana tertulis tentang  :    ôÏøMòjômòA   (keluargaku ) 
7.      Menyalin kata, kalimat, dan menyusun kata menjadi kalimat sempurna tentang  :    ôÏøMòjômòA   (keluargaku ) 
III. Indikator
  1. Mampu mengidentifikasi gagasan utama dari teks yang dibacakan/diucapkan
  2. Mampu menceritakan kondisi lingkungan rumah kepada orang lain
  3. Mampu melakukan dialog sederhana tentang :    ôÏøMòjômòA   (keluargaku ) 
  4. Mampu menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana  tentang :    ôÏøMòjômòA   (keluargaku ) 
  5.  Mampu membaca bacaan tentang :    ôÏøMòjômòA   (keluargaku ) 
  6. Mampu menangkap makna, gagasan, atau ide dalam bacaan tentang :    ôÏøMòjômòA   (keluargaku ) 
  7. Mampu menulis kalimat tentang    ÏøMòjômòA       dengan pemenggalan dan ejaan  yang tepat
IV. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa mampu memahami teks berbahasa
Arab serta dapat berinteraksi secara lisan dan tertulis dengan guru
dan teman dalam bahasa Arab terkait dengan tema    :    ôÏøMòjômòA   (keluargaku ) 
V. Materi Ajar
1. Hafalan kata-kata (mufradat) tentang  :    ôÏøMòjômòA   (keluargaku ) 
2. Bacaan guru tentang  :    ôÏøMòjômòA   (keluargaku ) 
3. Percakapan tentang  :    ôÏøMòjômòA   (keluargaku ) 
4. Bacaan siswa tentang  :    ôÏøMòjômòA   (keluargaku ) 
5. Latihan menulis dan menerjemahkan kalimat-kalimat tentang  :    ôÏøMòjômòA   (keluargaku ) 

VI. Metode Pembelajaran
1.   Contoh
2.   Tanya jawab
3.    Latihan
4.    Penugasan
VII. Langkah-Langkah Pembelajaran
          1. Kegiatan Awal
a. Guru mengawali kegiatan dengan membaca basmalah dan berdoa  bersama.
b. Guru meminta siswa membaca teks bacaan dalam hati.
c. Guru mengajukan beberapa pertanyaan kepada siswa mengenai  teks bacaan yang dibacanya.
d. Guru mengarahkan siswa kepada suatu pemikiran mengenai tema  yang dimaksud dalam teks   bacaan.
          2. Kegiatan Inti
 a. Menyimak (Istimw‘)
1) Guru membaca teks dengan suara jelas di depan kelas.
2) Guru meminta siswa mendengarkan bacaannya dengan saksama.
3) Guru memeriksa pemahaman siswa dengan meminta siswa  menuliskan beberapa kalimat dari     teks yang dibacakannya. 
4) Guru memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan teks bacaan.
5) Guru memberikan latihan kepada siswa dengan menyuruh melengkapi
kalimat dengan kata yang sesuai.
b. Berbicara (Mupwdafah)
1) Guru meminta siswa membaca teks percakapan di dalam hati.
2) Guru menjelaskan inti sari teks percakapan kepada siswa secara  singkat.
3) Guru meminta siswa bergiliran membaca teks secara nyaring dengan pronunciation (pelafalan) yang tepat.
4) Guru meminta beberapa siswa mempraktikkan percakapan di depan kelas sesuai dengan jumlah tokoh yang ada dalam bacaan.
5) Guru memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan teks  percakapan.
6) Guru memberikan latihan kepada siswa dengan menyuruh  melengkapi percakapan dengan kata yang sesuai.
7) Guru meminta siswa membuat percakapan mengenai situasi  yang disediakan.
8) Setelah selesai, guru meminta siswa memerankan percakapan  yang telah dibuatnya.
 c. Membaca (Qirw’ah)
1) Guru meminta siswa membaca teks qirw’ah dalam hati.
2) Guru membimbing siswa untuk menemukan kalimat utama  dan kalimat-kalimat penjelas pada tiap paragraf teks.
3) Guru memeriksa pemahaman siswa dengan mengarahkan siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan dari bacaan.
4) Guru meminta siswa bergiliran membaca teks secara nyaring  dengan pelafalan yang tepat.
5) Guru meminta siswa membuat kalimat dengan kata-kata yang  disediakan.
6) Guru meminta siswa menceritakan keadaan rumahnya dengan  bahasa yang baik dan benar.
d. Menulis (Kitwbah)
1) Guru meminta siswa menyusun kata-kata dari sebuah kalimat  yang urutannya telah diacak    menjadi sebuah kalimat yang  sempurna.
    2) Guru meminta siswa melengkapi kalimat dengan kata yang   sesuai.
    3) Guru meminta siswa menyusun kalimat yang sempurna dari  sebuah kata yang telah disediakan.
    4) Guru meminta siswa menerjemahkan kalimat dalam bahasa  Arab ke dalam bahasa Indonesia    atau sebaliknya. 
 3. Kegiatan Akhir
  a. Melakukan refleksi tentang proses dan hasil kegiatan belajar.
  b. Guru mengajak siswa mendiskusikan hal-hal yang berkaitan dengan  tema
  c. Guru meminta siswa membuat portofolio yang berisi rangkuman  mengenai hal-hal yang telah          mereka pelajari dan yang telah mereka  pahami.
VIII. Sumber/Bahan/Alat
1.      Buku Bahasa Arab SD/ MI  Sunaryo Putro Terbitan Pustaka Insani Madani .Jl Maguwoharjo Depok Sleman Jogjakarta
2.      White board,spidol,karton untuk gambar buku bahasa arab kelas Dua
3.      Buku – buku lain yang relevan .
IX. Penilaian/Bentuk Evaluasi
a. Tes Lisan
     Siswa diminta menjelaskan keadaan rumah  dengan lancar.
b. Tes Tertulis
     Guru memberikan beberapa soal tertulis tentang keadaan rumah yang
telah dipelajari.


Batang ,10 Agustus  2011
Mengetahui,
Kepala Sekolah SDIT Permata Hati                                                   Guru Bahasa Arab
           




Suharti. SPd                                                                                        Nur SalimALH,SHI












Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Nama Sekolah             : SDIT Permata Hati Batang
Mata Pelajaran            : Bahasa Arab
Kelas/Semester            : II / I
Tema                           :     óÒòÄôÈøÀ»ôAò   (  Pekerjaan  ) 
Pertemuan Ke-            :
Alokasi Waktu            : 6  jam pelajaran (6 × 30 menit)

I. Standar Kompetensi
1.      Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam  bentuk paparan atau Bacaan  tentang     óÒòÄôÈøÀ»ôAò   (  Pekerjaan  ) 
2.      Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk  paparan tentang   óÒòÄôÈøÀ»ôAò                   (  Pekerjaan  ) 
  1. Memahami wacana tertulis tentang   óÒòÄôÈøÀ»ôAò   (  Pekerjaan  ) 
  2. Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek sederhana    óÒòÄôÈøÀ»ôAò                       (  Pekerjaan
II. Kompetensi Dasar
1.      Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiah dan ujaran (kata, kalimat) tentang   óÒòÄôÈøÀ»ôAò                              (  Pekerjaan  ) 
2.      Memahami makna kata dan informasi tentang   óÒòÄôÈøÀ»ôAò   (  Pekerjaan  ) 
  1. Melakukan dialog sederhana tentang   óÒòÄôÈøÀ»ôAò   (  Pekerjaan  ) 
  2. Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang   óÒòÄôÈøÀ»ôAò                           (  Pekerjaan  ) 
  3. Melafalkan huruf hijaiah, kata, kalimat, dan wacana tertulis tentang   óÒòÄôÈøÀ»ôAò                           (  Pekerjaan  ) 
  4. Menemukan makna, gagasan, atau ide wacana tertulis tentang   óÒòÄôÈøÀ»ôAò   (  Pekerjaan  ) 
  5. Menyalin kata, kalimat, dan menyusun kata menjadi kalimat sempurna tentang  óÒòÄôÈøÀ»ôAò                        (  Pekerjaan  ) 
III. Indikator
1.      Mampu mengidentifikasi gagasan utama dari teks yang dibacakan/diucapkan
  1. Mampu menceritakan  tentang profesi pekerjaan  kepada orang lain
  2. Mampu melakukan dialog sederhana tentang  óÒòÄôÈøÀ»ôAò   (  Pekerjaan  ) 
  3. Mampu menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana  tentang  óÒòÄôÈøÀ»ôAò    (  Pekerjaan  ) 
  4.  Mampu membaca bacaan tentang  óÒòÄôÈøÀ»ôAò   (  Pekerjaan  ) 
  5. Mampu menangkap makna, gagasan, atau ide dalam bacaan tentang  óÒòÄôÈøÀ»ôAò                          (  Pekerjaan  ) 
  6. Mampu menulis kalimat tentang    óÒòÄôÈøÀ»ôAò   (  Pekerjaan  )  dengan pemenggalan dan ejaan  yang tepat
IV. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa mampu memahami teks berbahasa
Arab serta dapat berinteraksi secara lisan dan tertulis dengan guru
dan teman dalam bahasa Arab terkait dengan tema      óÒòÄôÈøÀ»ôAò   (  Pekerjaan  ) 
V. Materi Ajar
1. Hafalan kata-kata (mufradat) tentang   óÒòÄôÈøÀ»ôAò   (  Pekerjaan  ) 
2. Bacaan guru tentang   óÒòÄôÈøÀ»ôAò   (  Pekerjaan  ) 
3. Percakapan tentang   óÒòÄôÈøÀ»ôAò   (  Pekerjaan  ) 
4. Bacaan siswa tentang   óÒòÄôÈøÀ»ôAò   (  Pekerjaan  ) 
5. Latihan menulis dan menerjemahkan kalimat-kalimat tentang   óÒòÄôÈøÀ»ôAò   (  Pekerjaan  ) 

VI. Metode Pembelajaran
1.   Contoh
2.   Tanya jawab
3.    Latihan
4.    Penugasan
VII. Langkah-Langkah Pembelajaran
          1. Kegiatan Awal
a. Guru mengawali kegiatan dengan membaca basmalah dan berdoa  bersama.
b. Guru meminta siswa membaca teks bacaan dalam hati.
c. Guru mengajukan beberapa pertanyaan kepada siswa mengenai  teks bacaan yang dibacanya.
d. Guru mengarahkan siswa kepada suatu pemikiran mengenai tema  yang dimaksud dalam teks   bacaan.
          2. Kegiatan Inti
 a. Menyimak (Istimw‘)
1) Guru membaca teks dengan suara jelas di depan kelas.
2) Guru meminta siswa mendengarkan bacaannya dengan saksama.
3) Guru memeriksa pemahaman siswa dengan meminta siswa  menuliskan beberapa kalimat dari     teks yang dibacakannya. 
4) Guru memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan teks bacaan.
5) Guru memberikan latihan kepada siswa dengan menyuruh melengkapi
kalimat dengan kata yang sesuai.
b. Berbicara (Mupwdafah)
1) Guru meminta siswa membaca teks percakapan di dalam hati.
2) Guru menjelaskan inti sari teks percakapan kepada siswa secara  singkat.
3) Guru meminta siswa bergiliran membaca teks secara nyaring dengan pronunciation (pelafalan) yang tepat.
4) Guru meminta beberapa siswa mempraktikkan percakapan di depan kelas sesuai dengan jumlah tokoh yang ada dalam bacaan.
5) Guru memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan teks  percakapan.
6) Guru memberikan latihan kepada siswa dengan menyuruh  melengkapi percakapan dengan kata yang sesuai.
7) Guru meminta siswa membuat percakapan mengenai situasi  yang disediakan.
8) Setelah selesai, guru meminta siswa memerankan percakapan  yang telah dibuatnya.
 c. Membaca (Qirw’ah)
1) Guru meminta siswa membaca teks qirw’ah dalam hati.
2) Guru membimbing siswa untuk menemukan kalimat utama  dan kalimat-kalimat penjelas pada tiap paragraf teks.
3) Guru memeriksa pemahaman siswa dengan mengarahkan siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan dari bacaan.
4) Guru meminta siswa bergiliran membaca teks secara nyaring  dengan pelafalan yang tepat.
5) Guru meminta siswa membuat kalimat dengan kata-kata yang  disediakan.
6) Guru meminta siswa menceritakan keadaan rumahnya dengan  bahasa yang baik dan benar.
d. Menulis (Kitwbah)
1) Guru meminta siswa menyusun kata-kata dari sebuah kalimat  yang urutannya telah diacak    menjadi sebuah kalimat yang  sempurna.
    2) Guru meminta siswa melengkapi kalimat dengan kata yang   sesuai.
    3) Guru meminta siswa menyusun kalimat yang sempurna dari  sebuah kata yang telah disediakan.
    4) Guru meminta siswa menerjemahkan kalimat dalam bahasa  Arab ke dalam bahasa Indonesia    atau sebaliknya. 
 3. Kegiatan Akhir
  a. Melakukan refleksi tentang proses dan hasil kegiatan belajar.
  b. Guru mengajak siswa mendiskusikan hal-hal yang berkaitan dengan  tema
  c. Guru meminta siswa membuat portofolio yang berisi rangkuman  mengenai hal-hal yang telah          mereka pelajari dan yang telah mereka  pahami.
VIII. Sumber/Bahan/Alat
1.      Buku Bahasa Arab SD/ MI  Sunaryo Putro Terbitan Pustaka Insani Madani .Jl Maguwoharjo Depok Sleman Jogjakarta
2.      White board,spidol,karton untuk gambar buku bahasa arab kelas Satu
3.      Buku – buku lain yang relevan .
IX. Penilaian/Bentuk Evaluasi
a. Tes Lisan
     Siswa diminta menjelaskan profesi /  pekerjaan  dengan lancar.
b. Tes Tertulis
     Guru memberikan beberapa soal tertulis tentan profesi  yang  telah dipelajari.


Batang ,10 Agustus  2011
Mengetahui,
Kepala Sekolah SDIT Permata Hati                                                   Guru Bahasa Arab
           




Suharti. SPd                                                                                        Nur SalimALH,SHI




















Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Nama Sekolah             : SDIT Permata Hati Batang
Mata Pelajaran            : Bahasa Arab
Kelas/Semester            : II / I
Tema                           :     øOôÎòJ»ôA Ïø@@¯ ( Di Rumah  ) 
Pertemuan Ke-            :
Alokasi Waktu            : 6  jam pelajaran (6 × 30 menit)

I. Standar Kompetensi
1.      Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam  bentuk paparan atau Bacaan  tentang     øOôÎòJ»ôA Ïø@@¯ ( Di Rumah  )
2.      Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk  paparan tentang   øOôÎòJ»ôA Ïø@@¯                 ( Di Rumah  ) 
3.      Memahami wacana tertulis tentang   øOôÎòJ»ôA Ïø@@¯ ( Di Rumah  ) 
4.      Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek sederhana    øOôÎòJ»ôA Ïø@@¯                   ( Di Rumah  ) 
II. Kompetensi Dasar
1.      Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiah dan ujaran (kata, kalimat) tentang   øOôÎòJ»ôA Ïø@@¯              ( Di Rumah  ) 
2.      Memahami makna kata dan informasi tentang   øOôÎòJ»ôA Ïø@@¯ ( Di Rumah  ) 
3.      Melakukan dialog sederhana tentang   øOôÎòJ»ôA Ïø@@¯ ( Di Rumah  ) 
4.      Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang   øOôÎòJ»ôA Ïø@@¯            ( Di Rumah  ) 
5.      Melafalkan huruf hijaiah, kata, kalimat, dan wacana tertulis tentang   øOôÎòJ»ôA Ïø@@¯                  ( Di Rumah  ) 
6.      Menemukan makna, gagasan, atau ide wacana tertulis tentang   øOôÎòJ»ôA Ïø@@¯ ( Di Rumah  ) 
  1. Menyalin kata, kalimat, dan menyusun kata menjadi kalimat sempurna tentang   øOôÎòJ»ôA Ïø@@¯ ( Di Rumah  ) 
III. Indikator
1.      Mampu mengidentifikasi gagasan utama dari teks yang dibacakan/diucapkan
2.      Mampu menceritakan  tentang profesi pekerjaan  kepada orang lain
3.      Mampu melakukan dialog sederhana tentang  øOôÎòJ»ôA Ïø@@¯ ( Di Rumah  ) 
4.      Mampu menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana  tentang  øOôÎòJ»ôA Ïø@@¯ ( Di Rumah  ) 
5.       Mampu membaca bacaan tentang  øOôÎòJ»ôA Ïø@@¯ ( Di Rumah  ) 
  1. Mampu menangkap makna, gagasan, atau ide dalam bacaan tentang  øOôÎòJ»ôA Ïø@@¯                      ( Di Rumah  ) 
7.      Mampu menulis kalimat tentang    øOôÎòJ»ôA Ïø@@¯ ( Di Rumah  )  dengan pemenggalan dan ejaan  yang tepat
IV. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa mampu memahami teks berbahasa Arab serta     dapat berinteraksi secara lisan dan tertulis dengan guru dan teman dalam bahasa Arab terkait dengan tema      øOôÎòJ»ôA Ïø@@¯ ( Di Rumah  ) 

V. Materi Ajar
1.      Hafalan kata-kata (mufradat) tentang   øOôÎòJ»ôA Ïø@@¯ ( Di Rumah  ) 
2.      Bacaan guru tentang   øOôÎòJ»ôA Ïø@@¯ ( Di Rumah  ) 
3.      Percakapan tentang   øOôÎòJ»ôA Ïø@@¯ ( Di Rumah  ) 
4.      Bacaan siswa tentang   øOôÎòJ»ôA Ïø@@¯ ( Di Rumah  ) 
5.      Latihan menulis dan menerjemahkan kalimat-kalimat tentang   øOôÎòJ»ôA Ïø@@¯ ( Di Rumah  ) 
VI. Metode Pembelajaran
1.   Contoh
2.   Tanya jawab
3.    Latihan
4.    Penugasan
VII. Langkah-Langkah Pembelajaran
          1. Kegiatan Awal
a. Guru mengawali kegiatan dengan membaca basmalah dan berdoa  bersama.
b. Guru meminta siswa membaca teks bacaan dalam hati.
c. Guru mengajukan beberapa pertanyaan kepada siswa mengenai  teks bacaan yang dibacanya.
d. Guru mengarahkan siswa kepada suatu pemikiran mengenai tema  yang dimaksud dalam teks   bacaan.
          2. Kegiatan Inti
 a. Menyimak (Istimw‘)
1) Guru membaca teks dengan suara jelas di depan kelas.
2) Guru meminta siswa mendengarkan bacaannya dengan saksama.
3) Guru memeriksa pemahaman siswa dengan meminta siswa  menuliskan beberapa kalimat dari     teks yang dibacakannya. 
4) Guru memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan teks bacaan.
5) Guru memberikan latihan kepada siswa dengan menyuruh melengkapi
kalimat dengan kata yang sesuai.
b. Berbicara (Mupwdafah)
1) Guru meminta siswa membaca teks percakapan di dalam hati.
2) Guru menjelaskan inti sari teks percakapan kepada siswa secara  singkat.
3) Guru meminta siswa bergiliran membaca teks secara nyaring dengan pronunciation (pelafalan) yang tepat.
4) Guru meminta beberapa siswa mempraktikkan percakapan di depan kelas sesuai dengan jumlah tokoh yang ada dalam bacaan.
5) Guru memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan teks  percakapan.
6) Guru memberikan latihan kepada siswa dengan menyuruh  melengkapi percakapan dengan kata yang sesuai.
7) Guru meminta siswa membuat percakapan mengenai situasi  yang disediakan.
8) Setelah selesai, guru meminta siswa memerankan percakapan  yang telah dibuatnya.
 c. Membaca (Qirw’ah)
1) Guru meminta siswa membaca teks qirw’ah dalam hati.
2) Guru membimbing siswa untuk menemukan kalimat utama  dan kalimat-kalimat penjelas pada tiap paragraf teks.
3) Guru memeriksa pemahaman siswa dengan mengarahkan siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan dari bacaan.
4) Guru meminta siswa bergiliran membaca teks secara nyaring  dengan pelafalan yang tepat.
5) Guru meminta siswa membuat kalimat dengan kata-kata yang  disediakan.
6) Guru meminta siswa menceritakan keadaan rumahnya dengan  bahasa yang baik dan benar.
d. Menulis (Kitwbah)
1) Guru meminta siswa menyusun kata-kata dari sebuah kalimat  yang urutannya telah diacak    menjadi sebuah kalimat yang  sempurna.
    2) Guru meminta siswa melengkapi kalimat dengan kata yang   sesuai.
    3) Guru meminta siswa menyusun kalimat yang sempurna dari  sebuah kata yang telah disediakan.
    4) Guru meminta siswa menerjemahkan kalimat dalam bahasa  Arab ke dalam bahasa Indonesia    atau sebaliknya. 
 3. Kegiatan Akhir
  a. Melakukan refleksi tentang proses dan hasil kegiatan belajar.
  b. Guru mengajak siswa mendiskusikan hal-hal yang berkaitan dengan  tema
  c. Guru meminta siswa membuat portofolio yang berisi rangkuman  mengenai hal-hal yang telah          mereka pelajari dan yang telah mereka  pahami.
VIII. Sumber/Bahan/Alat
1.      Buku Bahasa Arab SD/ MI  Sunaryo Putro Terbitan Pustaka Insani Madani .Jl Maguwoharjo Depok Sleman Jogjakarta
2.      White board,spidol,karton untuk gambar buku bahasa arab kelas Satu
3.      Buku – buku lain yang relevan .
IX. Penilaian/Bentuk Evaluasi
a. Tes Lisan
     Siswa diminta menjelaskan Di Rumah  dengan lancar.
b. Tes Tertulis
     Guru memberikan beberapa soal tertulis tentan Di Rumah  yang  telah dipelajari.


Batang ,10 Agustus  2011
Mengetahui,
Kepala Sekolah SDIT Permata Hati                                                   Guru Bahasa Arab




Suharti. SPd                                                                                        Nur SalimALH,SHI














                               




Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Nama Sekolah             : SDIT Permata Hati Batang
Mata Pelajaran            : Bahasa Arab
Kelas/Semester            : II / I
Tema                           :   ø½ò·ôÞA øÒò¯ôjó« ôÏø¯ ( Di  Ruang Makan   ) 
Pertemuan Ke-            :
Alokasi Waktu            : 6  jam pelajaran (6 × 30 menit)

I. Standar Kompetensi
1.      Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam  bentuk paparan atau Bacaan  tentang     ø½ò·ôÞA øÒò¯ôjó« ôÏø¯ ( Di  Ruang Makan   ) 
2.      Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk  paparan tentang   ø½ò·ôÞA øÒò¯ôjó« ôÏø¯    ( Di  Ruang Makan   ) 
3.      Memahami wacana tertulis tentang   ø½ò·ôÞA øÒò¯ôjó« ôÏø¯ ( Di  Ruang Makan   ) 
4.      Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek sederhana    ø½ò·ôÞA øÒò¯ôjó« ôÏø¯          ( Di  Ruang Makan   ) 
II. Kompetensi Dasar
1.      Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiah dan ujaran (kata, kalimat) tentang   ø½ò·ôÞA øÒò¯ôjó« ôÏø¯         ( Di  Ruang Makan   ) 
2.      Memahami makna kata dan informasi tentang   ø½ò·ôÞA øÒò¯ôjó« ôÏø¯ ( Di  Ruang Makan   ) 
3.      Melakukan dialog sederhana tentang   ø½ò·ôÞA øÒò¯ôjó« ôÏø¯ ( Di  Ruang Makan   ) 
4.      Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang   ø½ò·ôÞA øÒò¯ôjó« ôÏø¯           ( Di  Ruang Makan   ) 
5.      Melafalkan huruf hijaiah, kata, kalimat, dan wacana tertulis tentang   ø½ò·ôÞA øÒò¯ôjó« ôÏø¯           ( Di  Ruang Makan   ) 
6.      Menemukan makna, gagasan, atau ide wacana tertulis tentang   ø½ò·ôÞA øÒò¯ôjó« ôÏø¯               ( Di  Ruang Makan   ) 
7.      Menyalin kata, kalimat, dan menyusun kata menjadi kalimat sempurna tentang  ø½ò·ôÞA øÒò¯ôjó« ôÏø¯ ( Di  Ruang Makan   ) 
III. Indikator
1.      Mampu mengidentifikasi gagasan utama dari teks yang dibacakan/diucapkan
2.      Mampu menceritakan  tentang profesi pekerjaan  kepada orang lain
3.      Mampu melakukan dialog sederhana tentang  ø½ò·ôÞA øÒò¯ôjó« ôÏø¯ ( Di  Ruang Makan   ) 
4.      Mampu menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana  tentang  ø½ò·ôÞA øÒò¯ôjó« ôÏø¯ ( Di  Ruang Makan   )  
5.      Mampu membaca bacaan tentang  ø½ò·ôÞA øÒò¯ôjó« ôÏø¯ ( Di  Ruang Makan   ) 
6.      Mampu menangkap makna, gagasan, atau ide dalam bacaan tentang  ø½ò·ôÞA øÒò¯ôjó« ôÏø¯              ( Di  Ruang Makan   ) 
7.      Mampu menulis kalimat tentang    ø½ò·ôÞA øÒò¯ôjó« ôÏø¯ ( Di  Ruang Makan   )  dengan pemenggalan dan ejaan  yang tepat
IV. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa mampu memahami teks berbahasa Arab serta     dapat berinteraksi secara lisan dan tertulis dengan guru dan teman dalam bahasa Arab terkait dengan tema      ø½ò·ôÞA øÒò¯ôjó« ôÏø¯ ( Di  Ruang Makan   ) 
V. Materi Ajar
1.      Hafalan kata-kata (mufradat) tentang   ø½ò·ôÞA øÒò¯ôjó« ôÏø¯ ( Di  Ruang Makan   ) 
2.      Bacaan guru tentang   ø½ò·ôÞA øÒò¯ôjó« ôÏø¯ ( Di  Ruang Makan   ) 
3.      Percakapan tentang   ø½ò·ôÞA øÒò¯ôjó« ôÏø¯ ( Di  Ruang Makan   ) 
4.      Bacaan siswa tentang   ø½ò·ôÞA øÒò¯ôjó« ôÏø¯ ( Di  Ruang Makan   ) 
5.      Latihan menulis dan menerjemahkan kalimat-kalimat tentang   ø½ò·ôÞA øÒò¯ôjó« ôÏø¯                ( Di  Ruang Makan   ) 
VI. Metode Pembelajaran
1.   Contoh
2.   Tanya jawab
3.    Latihan
4.    Penugasan
VII. Langkah-Langkah Pembelajaran
          1. Kegiatan Awal
a. Guru mengawali kegiatan dengan membaca basmalah dan berdoa  bersama.
b. Guru meminta siswa membaca teks bacaan dalam hati.
c. Guru mengajukan beberapa pertanyaan kepada siswa mengenai  teks bacaan yang dibacanya.
d. Guru mengarahkan siswa kepada suatu pemikiran mengenai tema  yang dimaksud dalam teks   bacaan.
          2. Kegiatan Inti
 a. Menyimak (Istimw‘)
1) Guru membaca teks dengan suara jelas di depan kelas.
2) Guru meminta siswa mendengarkan bacaannya dengan saksama.
3) Guru memeriksa pemahaman siswa dengan meminta siswa  menuliskan beberapa kalimat dari     teks yang dibacakannya. 
4) Guru memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan teks bacaan.
5) Guru memberikan latihan kepada siswa dengan menyuruh melengkapi
kalimat dengan kata yang sesuai.
b. Berbicara (Mupwdafah)
1) Guru meminta siswa membaca teks percakapan di dalam hati.
2) Guru menjelaskan inti sari teks percakapan kepada siswa secara  singkat.
3) Guru meminta siswa bergiliran membaca teks secara nyaring dengan pronunciation (pelafalan) yang tepat.
4) Guru meminta beberapa siswa mempraktikkan percakapan di depan kelas sesuai dengan jumlah tokoh yang ada dalam bacaan.
5) Guru memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan teks  percakapan.
6) Guru memberikan latihan kepada siswa dengan menyuruh  melengkapi percakapan dengan kata yang sesuai.
7) Guru meminta siswa membuat percakapan mengenai situasi  yang disediakan.
8) Setelah selesai, guru meminta siswa memerankan percakapan  yang telah dibuatnya.
 c. Membaca (Qirw’ah)
1) Guru meminta siswa membaca teks qirw’ah dalam hati.
2) Guru membimbing siswa untuk menemukan kalimat utama  dan kalimat-kalimat penjelas pada tiap paragraf teks.
3) Guru memeriksa pemahaman siswa dengan mengarahkan siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan dari bacaan.
4) Guru meminta siswa bergiliran membaca teks secara nyaring  dengan pelafalan yang tepat.
5) Guru meminta siswa membuat kalimat dengan kata-kata yang  disediakan.
6) Guru meminta siswa menceritakan keadaan rumahnya dengan  bahasa yang baik dan benar.
d. Menulis (Kitwbah)
1) Guru meminta siswa menyusun kata-kata dari sebuah kalimat  yang urutannya telah diacak    menjadi sebuah kalimat yang  sempurna.
    2) Guru meminta siswa melengkapi kalimat dengan kata yang   sesuai.
    3) Guru meminta siswa menyusun kalimat yang sempurna dari  sebuah kata yang telah disediakan.
    4) Guru meminta siswa menerjemahkan kalimat dalam bahasa  Arab ke dalam bahasa Indonesia    atau sebaliknya. 
 3. Kegiatan Akhir
  a. Melakukan refleksi tentang proses dan hasil kegiatan belajar.
  b. Guru mengajak siswa mendiskusikan hal-hal yang berkaitan dengan  tema
  c. Guru meminta siswa membuat portofolio yang berisi rangkuman  mengenai hal-hal yang telah          mereka pelajari dan yang telah mereka  pahami.
VIII. Sumber/Bahan/Alat
1.      Buku Bahasa Arab SD/ MI  Sunaryo Putro Terbitan Pustaka Insani Madani .Jl Maguwoharjo Depok Sleman Jogjakarta
2.      White board,spidol,karton untuk gambar buku bahasa arab kelas Satu
3.      Buku – buku lain yang relevan .
IX. Penilaian/Bentuk Evaluasi
a. Tes Lisan
     Siswa diminta menjelaskan Di Rumah  dengan lancar.
b. Tes Tertulis
     Guru memberikan beberapa soal tertulis tentan Di Rumah  yang  telah dipelajari.


Batang ,10 Agustus  2011
Mengetahui,
Kepala Sekolah SDIT Permata Hati                                                   Guru Bahasa Arab




Suharti. SPd                                                                                        Nur SalimALH,SHI



















Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Nama Sekolah             : SDIT Permata Hati Batang
Mata Pelajaran            : Bahasa Arab
Kelas/Semester            : II / I
Tema                           :  LAòjúr»AòË óÂBò¨ú^»Aò  ( Makanan dan Minuman    ) 
Pertemuan Ke-            :
Alokasi Waktu            : 6  jam pelajaran (6 × 30 menit)

I.                   Standar Kompetensi
1.      Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam  bentuk paparan atau Bacaan  tentang    LAòjúr»AòË óÂBò¨ú^»Aò  ( Makanan dan Minuman    ) 
2.      Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk  paparan tentang  LAòjúr»AòË óÂBò¨ú^»Aò          ( Makanan dan Minuman    ) 
3.      Memahami wacana tertulis tentang  LAòjúr»AòË óÂBò¨ú^»Aò  ( Makanan dan Minuman    )
4.      Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek sederhana   LAòjúr»AòË óÂBò¨ú^»Aò          ( Makanan dan Minuman    ) 
II. Kompetensi Dasar
1.      Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiah dan ujaran (kata, kalimat) tentang  LAòjúr»AòË óÂBò¨ú^»Aò     ( Makanan dan Minuman    ) 
2.      Memahami makna kata dan informasi tentang  LAòjúr»AòË óÂBò¨ú^»Aò  ( Makanan dan Minuman    ) 
3.      Melakukan dialog sederhana tentang  LAòjúr»AòË óÂBò¨ú^»Aò  ( Makanan dan Minuman    ) 
4.      Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang  LAòjúr»AòË óÂBò¨ú^»Aò   ( Makanan dan Minuman    )
5.       Melafalkan huruf hijaiah, kata, kalimat, dan wacana tertulis tentang  LAòjúr»AòË óÂBò¨ú^»Aò       ( Makanan dan Minuman    )
6.       Menemukan makna, gagasan, atau ide wacana tertulis tentang  LAòjúr»AòË óÂBò¨ú^»Aò              ( Makanan dan Minuman    )
7.       Menyalin kata, kalimat, dan menyusun kata menjadi kalimat sempurna tentang LAòjúr»AòË óÂBò¨ú^»Aò  ( Makanan dan Minuman    ) 
III. Indikator
1.      Mampu mengidentifikasi gagasan utama dari teks yang dibacakan/diucapkan
2.      Mampu menceritakan  tentang profesi pekerjaan  kepada orang lain
3.      Mampu melakukan dialog sederhana tentang LAòjúr»AòË óÂBò¨ú^»Aò  ( Makanan dan Minuman    ) 
4.      Mampu menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana  tentang LAòjúr»AòË óÂBò¨ú^»Aò  ( Makanan dan Minuman    ) 
5.      Mampu membaca bacaan tentang LAòjúr»AòË óÂBò¨ú^»Aò  ( Makanan dan Minuman    ) 
6.      Mampu menangkap makna, gagasan, atau ide dalam bacaan tentang LAòjúr»AòË óÂBò¨ú^»Aò              ( Makanan dan Minuman    ) 
7.      Mampu menulis kalimat tentang   LAòjúr»AòË óÂBò¨ú^»Aò  ( Makanan dan Minuman    )  dengan pemenggalan dan ejaan  yang tepat
IV. Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa mampu memahami teks berbahasa Arab serta     dapat berinteraksi secara lisan dan tertulis dengan guru dan teman dalam bahasa Arab terkait dengan tema     LAòjúr»AòË óÂBò¨ú^»Aò  ( Makanan dan Minuman    ) 
V. Materi Ajar
1.      Hafalan kata-kata (mufradat) tentang  LAòjúr»AòË óÂBò¨ú^»Aò  ( Makanan dan Minuman   
2.      Bacaan guru tentang  LAòjúr»AòË óÂBò¨ú^»Aò  ( Makanan dan Minuman    ) 
3.      Percakapan tentang  LAòjúr»AòË óÂBò¨ú^»Aò  ( Makanan dan Minuman    ) 
4.      Bacaan siswa tentang  LAòjúr»AòË óÂBò¨ú^»Aò  ( Makanan dan Minuman    )
5.      Latihan menulis dan menerjemahkan kalimat-kalimat tentang  LAòjúr»AòË óÂBò¨ú^»Aò  ( Makanan dan Minuman    ) 
VI. Metode Pembelajaran
1.   Contoh
2.   Tanya jawab
3.    Latihan
4.    Penugasan
VII. Langkah-Langkah Pembelajaran
          1. Kegiatan Awal
a. Guru mengawali kegiatan dengan membaca basmalah dan berdoa  bersama.
b. Guru meminta siswa membaca teks bacaan dalam hati.
c. Guru mengajukan beberapa pertanyaan kepada siswa mengenai  teks bacaan yang dibacanya.
d. Guru mengarahkan siswa kepada suatu pemikiran mengenai tema  yang dimaksud dalam teks   bacaan.
          2. Kegiatan Inti
 a. Menyimak (Istimw‘)
1) Guru membaca teks dengan suara jelas di depan kelas.
2) Guru meminta siswa mendengarkan bacaannya dengan saksama.
3) Guru memeriksa pemahaman siswa dengan meminta siswa  menuliskan beberapa kalimat dari     teks yang dibacakannya. 
4) Guru memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan teks bacaan.
5) Guru memberikan latihan kepada siswa dengan menyuruh melengkapi
kalimat dengan kata yang sesuai.
b. Berbicara (Mupwdafah)
1) Guru meminta siswa membaca teks percakapan di dalam hati.
2) Guru menjelaskan inti sari teks percakapan kepada siswa secara  singkat.
3) Guru meminta siswa bergiliran membaca teks secara nyaring dengan pronunciation (pelafalan) yang tepat.
4) Guru meminta beberapa siswa mempraktikkan percakapan di depan kelas sesuai dengan jumlah tokoh yang ada dalam bacaan.
5) Guru memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan teks  percakapan.
6) Guru memberikan latihan kepada siswa dengan menyuruh  melengkapi percakapan dengan kata yang sesuai.
7) Guru meminta siswa membuat percakapan mengenai situasi  yang disediakan.
8) Setelah selesai, guru meminta siswa memerankan percakapan  yang telah dibuatnya.
 c. Membaca (Qirw’ah)
1) Guru meminta siswa membaca teks qirw’ah dalam hati.
2) Guru membimbing siswa untuk menemukan kalimat utama  dan kalimat-kalimat penjelas pada tiap paragraf teks.
3) Guru memeriksa pemahaman siswa dengan mengarahkan siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan dari bacaan.
4) Guru meminta siswa bergiliran membaca teks secara nyaring  dengan pelafalan yang tepat.
5) Guru meminta siswa membuat kalimat dengan kata-kata yang  disediakan.
6) Guru meminta siswa menceritakan keadaan rumahnya dengan  bahasa yang baik dan benar.
d. Menulis (Kitwbah)
1) Guru meminta siswa menyusun kata-kata dari sebuah kalimat  yang urutannya telah diacak    menjadi sebuah kalimat yang  sempurna.
    2) Guru meminta siswa melengkapi kalimat dengan kata yang   sesuai.
    3) Guru meminta siswa menyusun kalimat yang sempurna dari  sebuah kata yang telah disediakan.
    4) Guru meminta siswa menerjemahkan kalimat dalam bahasa  Arab ke dalam bahasa Indonesia    atau sebaliknya. 
 3. Kegiatan Akhir
  a. Melakukan refleksi tentang proses dan hasil kegiatan belajar.
  b. Guru mengajak siswa mendiskusikan hal-hal yang berkaitan dengan  tema
  c. Guru meminta siswa membuat portofolio yang berisi rangkuman  mengenai hal-hal yang telah          mereka pelajari dan yang telah mereka  pahami.
VIII. Sumber/Bahan/Alat
1.      Buku Bahasa Arab SD/ MI  Sunaryo Putro Terbitan Pustaka Insani Madani .Jl Maguwoharjo Depok Sleman Jogjakarta
2.      White board,spidol,karton untuk gambar buku bahasa arab kelas Satu
3.      Buku – buku lain yang relevan .
IX. Penilaian/Bentuk Evaluasi
a. Tes Lisan
     Siswa diminta menjelaskan Di Rumah  dengan lancar.
b. Tes Tertulis
     Guru memberikan beberapa soal tertulis tentan Di Rumah  yang  telah dipelajari.


Batang ,10 Agustus  2011
Mengetahui,
Kepala Sekolah SDIT Permata Hati                                                   Guru Bahasa Arab




Suharti. SPd                                                                                        Nur SalimALH,SHI















Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Nama Sekolah             : SDIT Permata Hati Batang
Mata Pelajaran            : Bahasa Arab
Kelas/Semester            : II / I
Tema                           :  ôÆBò¸òÀ»ôA  (  Tempat    ) 
Pertemuan Ke-            :
Alokasi Waktu            : 6  jam pelajaran (6 × 30 menit)

I.                   Standar Kompetensi
1.      Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam  bentuk paparan atau Bacaan  tentang     ôÆBò¸òÀ»ôA  (  Tempat    ) 
2.      Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk  paparan tentang   ôÆBò¸òÀ»ôA                    (  Tempat    ) 
3.      Memahami wacana tertulis tentang   ôÆBò¸òÀ»ôA  (  Tempat    ) 
4.      Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek sederhana    ôÆBò¸òÀ»ôA  (  Tempat    ) 
II. Kompetensi Dasar
1.      Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiah dan ujaran (kata, kalimat) tentang   ôÆBò¸òÀ»ôA                   (  Tempat   )
2.      Memahami ma;na  ôÆBò¸òÀ»ôA  (  Tempat    )   
3.      Melakukan dialog sederhana tentang   ôÆBò¸òÀ»ôA  (  Tempat    ) 
4.      Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang                              ôÆBò¸òÀ»ôA  (  Tempat    )
5.       Melafalkan huruf hijaiah, kata, kalimat, dan wacana tertulis tentang   ôÆBò¸òÀ»ôA  (  Tempat    ) 
6.       Menemukan makna, gagasan, atau ide wacana tertulis tentang   ôÆBò¸òÀ»ôA  (  Tempat    ) 
7.      Menyalin kata, kalimat, dan menyusun kata menjadi kalimat sempurna tentang                   ôÆBò¸òÀ»ôA  (  Tempat    ) 
III. Indikator
1.      Mampu mengidentifikasi gagasan utama dari teks yang dibacakan/diucapkan
2.      Mampu menceritakan  tentang profesi pekerjaan  kepada orang lain
3.      Mampu melakukan dialog sederhana tentang  ôÆBò¸òÀ»ôA  (  Tempat    ) 
4.      Mampu menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana  tentang                ôÆBò¸òÀ»ôA  (  Tempat    ) 
5.      Mampu membaca bacaan tentang  ôÆBò¸òÀ»ôA  (  Tempat    ) 
6.      Mampu menangkap makna, gagasan, atau ide dalam bacaan tentang  ôÆBò¸òÀ»ôA  (  Tempat    ) 
7.      Mampu menulis kalimat tentang    ôÆBò¸òÀ»ôA  (  Tempat    )  dengan pemenggalan dan ejaan  yang tepat
IV. Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa mampu memahami teks berbahasa Arab serta     dapat berinteraksi secara lisan dan tertulis dengan guru dan teman dalam bahasa Arab terkait dengan tema      ôÆBò¸òÀ»ôA  (  Tempat    ) 
V. Materi Ajar
1.      Hafalan kata-kata (mufradat) tentang   ôÆBò¸òÀ»ôA  (  Tempat    ) 
2.      Bacaan guru tentang   ôÆBò¸òÀ»ôA  (  Tempat    ) 
3.      Percakapan tentang   ôÆBò¸òÀ»ôA  (  Tempat    ) 
4.      Bacaan siswa tentang   ôÆBò¸òÀ»ôA  (  Tempat    ) 
5.      Latihan menulis dan menerjemahkan kalimat-kalimat tentang   ôÆBò¸òÀ»ôA  (  Tempat    ) 
VI. Metode Pembelajaran
1.   Contoh
2.   Tanya jawab
3.    Latihan
4.    Penugasan
VII. Langkah-Langkah Pembelajaran
          1. Kegiatan Awal
a. Guru mengawali kegiatan dengan membaca basmalah dan berdoa  bersama.
b. Guru meminta siswa membaca teks bacaan dalam hati.
c. Guru mengajukan beberapa pertanyaan kepada siswa mengenai  teks bacaan yang dibacanya.
d. Guru mengarahkan siswa kepada suatu pemikiran mengenai tema  yang dimaksud dalam teks   bacaan.
          2. Kegiatan Inti
 a. Menyimak (Istimw‘)
1) Guru membaca teks dengan suara jelas di depan kelas.
2) Guru meminta siswa mendengarkan bacaannya dengan saksama.
3) Guru memeriksa pemahaman siswa dengan meminta siswa  menuliskan beberapa kalimat dari     teks yang dibacakannya. 
4) Guru memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan teks bacaan.
5) Guru memberikan latihan kepada siswa dengan menyuruh melengkapi
kalimat dengan kata yang sesuai.
b. Berbicara (Mupwdafah)
1) Guru meminta siswa membaca teks percakapan di dalam hati.
2) Guru menjelaskan inti sari teks percakapan kepada siswa secara  singkat.
3) Guru meminta siswa bergiliran membaca teks secara nyaring dengan pronunciation (pelafalan) yang tepat.
4) Guru meminta beberapa siswa mempraktikkan percakapan di depan kelas sesuai dengan jumlah tokoh yang ada dalam bacaan.
5) Guru memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan teks  percakapan.
6) Guru memberikan latihan kepada siswa dengan menyuruh  melengkapi percakapan dengan kata yang sesuai.
7) Guru meminta siswa membuat percakapan mengenai situasi  yang disediakan.
8) Setelah selesai, guru meminta siswa memerankan percakapan  yang telah dibuatnya.
 c. Membaca (Qirw’ah)
1) Guru meminta siswa membaca teks qirw’ah dalam hati.
2) Guru membimbing siswa untuk menemukan kalimat utama  dan kalimat-kalimat penjelas pada tiap paragraf teks.
3) Guru memeriksa pemahaman siswa dengan mengarahkan siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan dari bacaan.
4) Guru meminta siswa bergiliran membaca teks secara nyaring  dengan pelafalan yang tepat.
5) Guru meminta siswa membuat kalimat dengan kata-kata yang  disediakan.
6) Guru meminta siswa menceritakan keadaan rumahnya dengan  bahasa yang baik dan benar.
d. Menulis (Kitwbah)
1) Guru meminta siswa menyusun kata-kata dari sebuah kalimat  yang urutannya telah diacak    menjadi sebuah kalimat yang  sempurna.
    2) Guru meminta siswa melengkapi kalimat dengan kata yang   sesuai.
    3) Guru meminta siswa menyusun kalimat yang sempurna dari  sebuah kata yang telah disediakan.
    4) Guru meminta siswa menerjemahkan kalimat dalam bahasa  Arab ke dalam bahasa Indonesia    atau sebaliknya. 
 3. Kegiatan Akhir
  a. Melakukan refleksi tentang proses dan hasil kegiatan belajar.
  b. Guru mengajak siswa mendiskusikan hal-hal yang berkaitan dengan  tema
  c. Guru meminta siswa membuat portofolio yang berisi rangkuman  mengenai hal-hal yang telah          mereka pelajari dan yang telah mereka  pahami.
VIII. Sumber/Bahan/Alat
1.      Buku Bahasa Arab SD/ MI  Sunaryo Putro Terbitan Pustaka Insani Madani .Jl Maguwoharjo Depok Sleman Jogjakarta
2.      White board,spidol,karton untuk gambar buku bahasa arab kelas Satu
3.      Buku – buku lain yang relevan .
IX. Penilaian/Bentuk Evaluasi
a. Tes Lisan
     Siswa diminta menjelaskan Di Rumah  dengan lancar.
b. Tes Tertulis
     Guru memberikan beberapa soal tertulis tentan Di Rumah  yang  telah dipelajari.


Batang ,10 Agustus  2011
Mengetahui,
Kepala Sekolah SDIT Permata Hati                                                   Guru Bahasa Arab




Suharti. SPd                                                                                        Nur SalimALH,SHI



















Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Nama Sekolah             : SDIT Permata Hati Batang
Mata Pelajaran            : Bahasa Arab
Kelas/Semester            : II / I
Tema                           : óeAòfò¨»ôAò    (   Bilangan   ) 
Pertemuan Ke-            : 11- 14
Alokasi Waktu            : 6 jam pelajaran (6 × 30 menit)

I. Standar Kompetensi
1.      Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam  bentuk paparan atau dialog tentang    óeAòfò¨»ôAò    (   Bilangan   ) 
2.      Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk  paparan tentang                        óeAòfò¨»ôAò    (   Bilangan   ) 
3.      Memahami wacana tertulis tentang  óeAòfò¨»ôAò    (   Bilangan   )   
4.      Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek sederhana                            óeAòfò¨»ôAò    (   Bilangan   ) 
II. Kompetensi Dasar
1.      Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiah dan ujaran (kata, kalimat) tentang                      óeAòfò¨»ôAò    (   Bilangan   )
2.      Memahami makna kata dan informasi tentang  óeAòfò¨»ôAò    (   Bilangan   ) 
3.      Melakukan dialog sederhana tentang  óeAòfò¨»ôAò    (   Bilangan   ) 
4.      Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang                          óeAòfò¨»ôAò    (   Bilangan   ) 
5.      Melafalkan huruf hijaiah, kata, kalimat, dan wacana tertulis tentang                           óeAòfò¨»ôAò    (   Bilangan   )   
6.      Menemukan makna, gagasan, atau ide wacana tertulis tentang  óeAòfò¨»ôAò    (   Bilangan   ) 
7.      Menyalin kata, kalimat, dan menyusun kata menjadi kalimat sempurna tentang               óeAòfò¨»ôAò    (   Bilangan   ) 
III. Indikator
  1. Mampu mengidentifikasi gagasan utama dari teks yang dibacakan/diucapkan
  2. Mampu menceritakan kondisi lingkungan rumah kepada orang lain
  3. Mampu melakukan dialog sederhana tentang
  4. Mampu menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana  tentang
  5.  Mampu membaca bacaan tentang
  6. Mampu menangkap makna, gagasan, atau ide dalam bacaan tentang
  7.  Mampu menulis kalimat tentang             óeAòfò¨»ôAò    (   Bilangan   )     dengan pemenggalan dan ejaan  yang tepat
IV. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa mampu memahami teks berbahasa
Arab serta dapat berinteraksi secara lisan dan tertulis dengan guru
dan teman dalam bahasa Arab terkait dengan tema    óeAòfò¨»ôAò    (   Bilangan   ) 
V. Materi Ajar
1. Hafalan kata-kata (mufradat) tentang  óeAòfò¨»ôAò    (   Bilangan   ) 
2. Bacaan guru tentang  óeAòfò¨»ôAò    (   Bilangan   ) 
3. Percakapan tentang óeAòfò¨»ôAò    (   Bilangan   ) 
4. Bacaan siswa tentang  óeAòfò¨»ôAò    (   Bilangan   ) 
5. Latihan menulis dan menerjemahkan kalimat-kalimat tentang  óeAòfò¨»ôAò    (   Bilangan   ) 
VI. Metode Pembelajaran
1.   Contoh
2.   Tanya jawab
3.    Latihan
4.    Penugasan
VII. Langkah-Langkah Pembelajaran
          1. Kegiatan Awal
a. Guru mengawali kegiatan dengan membaca basmalah dan berdoa  bersama.
b. Guru meminta siswa membaca teks bacaan dalam hati.
c. Guru mengajukan beberapa pertanyaan kepada siswa mengenai  teks bacaan yang dibacanya.
d. Guru mengarahkan siswa kepada suatu pemikiran mengenai tema  yang dimaksud dalam teks   bacaan.
          2. Kegiatan Inti
  a. Menyimak (Istimw‘)
1) Guru membaca teks dengan suara jelas di depan kelas.
2) Guru meminta siswa mendengarkan bacaannya dengan saksama.
3) Guru memeriksa pemahaman siswa dengan meminta siswa  menuliskan beberapa kalimat dari     teks yang dibacakannya. 
4) Guru memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan teks bacaan.
5) Guru memberikan latihan kepada siswa dengan menyuruh melengkapi
kalimat dengan kata yang sesuai.
b. Berbicara (Mupwdafah)
1) Guru meminta siswa membaca teks percakapan di dalam hati.
2) Guru menjelaskan inti sari teks percakapan kepada siswa secara  singkat.
3) Guru meminta siswa bergiliran membaca teks secara nyaring dengan pronunciation (pelafalan) yang tepat.
4) Guru meminta beberapa siswa mempraktikkan percakapan di depan kelas sesuai dengan jumlah tokoh yang ada dalam bacaan.
5) Guru memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan teks  percakapan.
6) Guru memberikan latihan kepada siswa dengan menyuruh  melengkapi percakapan dengan kata yang sesuai.
7) Guru meminta siswa membuat percakapan mengenai situasi  yang disediakan.
8) Setelah selesai, guru meminta siswa memerankan percakapan  yang telah dibuatnya.
 c. Membaca (Qirw’ah)
1) Guru meminta siswa membaca teks qirw’ah dalam hati.
2) Guru membimbing siswa untuk menemukan kalimat utama  dan kalimat-kalimat penjelas pada tiap paragraf teks.
3) Guru memeriksa pemahaman siswa dengan mengarahkan siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan dari bacaan.
4) Guru meminta siswa bergiliran membaca teks secara nyaring  dengan pelafalan yang tepat.
5) Guru meminta siswa membuat kalimat dengan kata-kata yang  disediakan.
6) Guru meminta siswa menceritakan keadaan rumahnya dengan  bahasa yang baik dan benar.
d. Menulis (Kitwbah)
1) Guru meminta siswa menyusun kata-kata dari sebuah kalimat  yang urutannya telah diacak menjadi sebuah kalimat yang  sempurna.
    2) Guru meminta siswa melengkapi kalimat dengan kata yang   sesuai.
    3) Guru meminta siswa menyusun kalimat yang sempurna dari  sebuah kata yang telah disediakan.
    4) Guru meminta siswa menerjemahkan kalimat dalam bahasa  Arab ke dalam bahasa Indonesia    atau sebaliknya. 
3. Kegiatan Akhir
  a. Melakukan refleksi tentang proses dan hasil kegiatan belajar.
  b. Guru mengajak siswa mendiskusikan hal-hal yang berkaitan dengan  tema
  c. Guru meminta siswa membuat portofolio yang berisi rangkuman  mengenai hal-hal yang telah          mereka pelajari dan yang telah mereka  pahami.
VIII. Sumber/Bahan/Alat
1.      Buku Bahasa Arab SD/ MI  Sunaryo Putro Terbitan Pustaka Insani Madani .Jl Maguwoharjo Depok Sleman Jogjakarta
2.      White board,spidol,karton untuk gambar buku bahasa arab kelas Satu
3.      Buku – buku lain yang relevan .
IX. Penilaian/Bentuk Evaluasi
a. Tes Lisan
     Siswa diminta menjelaskan keadaan rumahnya dengan lancar.
b. Tes Tertulis
     Guru memberikan beberapa soal tertulis tentang keadaan rumah yang
telah dipelajari.


Batang ,10 Agustus  2011
Mengetahui,
Kepala Sekolah SDIT Permata Hati                                                   Guru Bahasa Arab
           




Suharti. SPd                                                                                        Nur SalimALH,SHI













Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Nama Sekolah             : SDIT Permata Hati Batang
Mata Pelajaran            : Bahasa Arab
Kelas/Semester            : II / I
Tema                           :  ? ôLBòNø¸ô»A òÅôÍòC (   Di Manakah Buku ?    ) 
Pertemuan Ke-            :
Alokasi Waktu            : 6  jam pelajaran (6 × 30 menit)

I.                   Standar Kompetensi
1.      Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam  bentuk paparan atau Bacaan  tentang    ? ôLBòNø¸ô»A òÅôÍòC (   Di Manakah Buku ?    ) 
2.      Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk  paparan tentang  ? ôLBòNø¸ô»A òÅôÍòC             (   Di Manakah Buku ?    ) 
3.      Memahami wacana tertulis tentang  ? ôLBòNø¸ô»A òÅôÍòC (   Di Manakah Buku ?    ) 
4.      Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek sederhana                   ? ôLBòNø¸ô»A òÅôÍòC (   Di Manakah Buku ?    ) 
II. Kompetensi Dasar
1.      Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiah dan ujaran (kata, kalimat) tentang   ô ÆBò¸òÀ»ôA                         (  Tempat  ) 
2.      Memahami ma;na  ôÆBò¸òÀ»ôA  (  Tempat    )   
3.      Melakukan dialog sederhana tentang   ôÆBò¸òÀ»ôA  (  Tempat    ) 
4.      Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang   ôÆBò¸òÀ»ôA                  (  Tempat    )
5.      Melafalkan huruf hijaiah, kata, kalimat, dan wacana tertulis tentang   ôÆBò¸òÀ»ôA  (  Tempat    ) 
6.       Menemukan makna, gagasan, atau ide wacana tertulis tentang   ôÆBò¸òÀ»ôA  (  Tempat    ) 
7.      Menyalin kata, kalimat, dan menyusun kata menjadi kalimat sempurna tentang                    ôÆBò¸òÀ»ôA  (  Tempat    ) 
III. Indikator
1.      Mampu mengidentifikasi gagasan utama dari teks yang dibacakan/diucapkan
2.      Mampu menceritakan  tentang profesi pekerjaan  kepada orang lain
3.      Mampu melakukan dialog sederhana tentang  ôÆBò¸òÀ»ôA  (  Tempat    ) 
4.      Mampu menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana  tentang                  ôÆBò¸òÀ»ôA  (  Tempat    ) 
5.      Mampu membaca bacaan tentang  ôÆBò¸òÀ»ôA  (  Tempat    ) 
6.      Mampu menangkap makna, gagasan, atau ide dalam bacaan tentang  ôÆBò¸òÀ»ôA  (  Tempat    )
7.      Mampu menulis kalimat tentang    ôÆBò¸òÀ»ôA  (  Tempat    )  dengan pemenggalan dan ejaan  yang tepat
IV. Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa mampu memahami teks berbahasa Arab serta     dapat berinteraksi secara lisan dan tertulis dengan guru dan teman dalam bahasa Arab terkait dengan tema      ôÆBò¸òÀ»ôA  (  Tempat    ) 
V. Materi Ajar
1.      Hafalan kata-kata (mufradat) tentang   ôÆBò¸òÀ»ôA  (  Tempat    ) 
2.      Bacaan guru tentang   ôÆBò¸òÀ»ôA  (  Tempat    ) 
3.      Percakapan tentang   ôÆBò¸òÀ»ôA  (  Tempat    ) 
4.      Bacaan siswa tentang   ôÆBò¸òÀ»ôA  (  Tempat    ) 
5.      Latihan menulis dan menerjemahkan kalimat-kalimat tentang   ôÆBò¸òÀ»ôA  (  Tempat    ) 
VI. Metode Pembelajaran
1.   Contoh
2.   Tanya jawab
3.    Latihan
4.    Penugasan
VII. Langkah-Langkah Pembelajaran
          1. Kegiatan Awal
a. Guru mengawali kegiatan dengan membaca basmalah dan berdoa  bersama.
b. Guru meminta siswa membaca teks bacaan dalam hati.
c. Guru mengajukan beberapa pertanyaan kepada siswa mengenai  teks bacaan yang dibacanya.
d. Guru mengarahkan siswa kepada suatu pemikiran mengenai tema  yang dimaksud dalam teks   bacaan.
          2. Kegiatan Inti
 a. Menyimak (Istimw‘)
1) Guru membaca teks dengan suara jelas di depan kelas.
2) Guru meminta siswa mendengarkan bacaannya dengan saksama.
3) Guru memeriksa pemahaman siswa dengan meminta siswa  menuliskan beberapa kalimat dari     teks yang dibacakannya. 
4) Guru memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan teks bacaan.
5) Guru memberikan latihan kepada siswa dengan menyuruh melengkapi
kalimat dengan kata yang sesuai.
b. Berbicara (Mupwdafah)
1) Guru meminta siswa membaca teks percakapan di dalam hati.
2) Guru menjelaskan inti sari teks percakapan kepada siswa secara  singkat.
3) Guru meminta siswa bergiliran membaca teks secara nyaring dengan pronunciation (pelafalan) yang tepat.
4) Guru meminta beberapa siswa mempraktikkan percakapan di depan kelas sesuai dengan jumlah tokoh yang ada dalam bacaan.
5) Guru memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan teks  percakapan.
6) Guru memberikan latihan kepada siswa dengan menyuruh  melengkapi percakapan dengan kata yang sesuai.
7) Guru meminta siswa membuat percakapan mengenai situasi  yang disediakan.
8) Setelah selesai, guru meminta siswa memerankan percakapan  yang telah dibuatnya.
 c. Membaca (Qirw’ah)
1) Guru meminta siswa membaca teks qirw’ah dalam hati.
2) Guru membimbing siswa untuk menemukan kalimat utama  dan kalimat-kalimat penjelas pada tiap paragraf teks.
3) Guru memeriksa pemahaman siswa dengan mengarahkan siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan dari bacaan.
4) Guru meminta siswa bergiliran membaca teks secara nyaring  dengan pelafalan yang tepat.
5) Guru meminta siswa membuat kalimat dengan kata-kata yang  disediakan.
6) Guru meminta siswa menceritakan keadaan rumahnya dengan  bahasa yang baik dan benar.
d. Menulis (Kitwbah)
1) Guru meminta siswa menyusun kata-kata dari sebuah kalimat  yang urutannya telah diacak    menjadi sebuah kalimat yang  sempurna.
    2) Guru meminta siswa melengkapi kalimat dengan kata yang   sesuai.
    3) Guru meminta siswa menyusun kalimat yang sempurna dari  sebuah kata yang telah disediakan.
    4) Guru meminta siswa menerjemahkan kalimat dalam bahasa  Arab ke dalam bahasa Indonesia    atau sebaliknya. 
 3. Kegiatan Akhir
  a. Melakukan refleksi tentang proses dan hasil kegiatan belajar.
  b. Guru mengajak siswa mendiskusikan hal-hal yang berkaitan dengan  tema
  c. Guru meminta siswa membuat portofolio yang berisi rangkuman  mengenai hal-hal yang telah          mereka pelajari dan yang telah mereka  pahami.
VIII. Sumber/Bahan/Alat
1.      Buku Bahasa Arab SD/ MI  Sunaryo Putro Terbitan Pustaka Insani Madani .Jl Maguwoharjo Depok Sleman Jogjakarta
2.      White board,spidol,karton untuk gambar buku bahasa arab kelas Satu
3.      Buku – buku lain yang relevan .
IX. Penilaian/Bentuk Evaluasi
a. Tes Lisan
     Siswa diminta menjelaskan Di Rumah  dengan lancar.
b. Tes Tertulis
     Guru memberikan beberapa soal tertulis tentan Di Rumah  yang  telah dipelajari.


Batang ,10 Agustus  2011
Mengetahui,
Kepala Sekolah SDIT Permata Hati                                                   Guru Bahasa Arab




Suharti. SPd                                                                                        Nur SalimALH,SHI



0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews